Senin 10 Jul 2023 15:44 WIB

Forum Asean IIDC, Gus Yahya : Semua Bertanggungjawab Ciptakan Hidup Harmonis

Gus Yahya memaparkan panjang lebar mengenai konflik masyarakat dunia.

Red: Erdy Nasrul
Gus Yahya dalam forum sosialisasi Asean Intercultural and Interreligious Dialogue Conference (Asean IIDC)
Foto: Gus Yahya
Gus Yahya dalam forum sosialisasi Asean Intercultural and Interreligious Dialogue Conference (Asean IIDC)

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf menegaskan bahwa harmoni adalah tujuan hidup semua umat manusia. Tindakan yang menyebabkan konflik, katanya, akan dikutuk oleh semua karena menggangu harmoni. Maka, karena menciptakan harmoni adalah cita-cita suci dan ajaran agung semua agama, maka ia wajib diperjuangkan oleh semua. 

Penegsan Gus Yahya--sapaan Ketua Umum PBNU 2022-2027 ini, disampaikan saat menjadi pembicara kunci, Senin (10/7) di forum sosialisasi Asean Intercultural and Interreligious Dialogue Conference (Asean IIDC). Agenda ini digelar dari 9 s/d 11 Juli di Palembang. Pidato Gus Yahya sekaligus menjadi sambutan pembuka agenda yang akan menjadi side event KTT Asean di awal September 2023 mendatang. 

Baca Juga

Lebih lanjut Gus Yahya memaparkan panjang lebar mengenai kondisi masyarakat dunia yang dari masa ke masa selalu terjadi konflik. Terlebih, kata eks Jubir Presiden KH Abdurrahman Wahid ini, di era globalisasi seperti sekarang ini yang sudah tidak ada lagi sekat, sehingga semua orang dari latar belakang apa pun bercampur menjadi satu. 

Menurut Gus Yahya, semua orang memiliki tanggung jawab untuk mengupayakan kehidupan yang harmonis di masa depan untuk menghindari konflik berkepanjangan. Jika tidak, konflik antarperbedaan di dunia ini akan terus terjadi dan menghancurkan kemanusiaan.