Jumat 11 Aug 2023 02:37 WIB

Artis yang Mengkritik Film Superhero Marvel, Salah Satunya Pemainnya Sendiri

Beberapa figur publik mengkritik terang-terangan film superhero Marvel.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Marvel. Beberapa figur publik menyampaikan kritikannya terhada[ film superhero Marvel.
Foto: Disney/Marvel
Salah satu adegan di film Marvel. Beberapa figur publik menyampaikan kritikannya terhada[ film superhero Marvel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film-film Marvel Cinematic Universe (MCU) telah mendominasi industri perfilman Hollywood selama lebih dari satu dekade. Waralaba Marvel sedikitnya mencakup lebih dari 30 film dan lebih dari selusin serial TV, sera telah menampilkan banyak nama besar di bioskop, termasuk Natalie Portman, Samuel L Jackson, dan Florence Pugh.

Namun, di antara pemirsa dan profesional, waralaba tetap terpolarisasi. Banyak pembuat film dan aktor menyalahkan MCU dan perannya dalam kegilaan superhero baru-baru ini, yang telah membatasi peluang yang lebih luas untuk blockbuster asli.

Baca Juga

Yang paling terkenal adalah pembuat film Wolf of Wall Street Martin Scorsese membandingkan waralaba ini dengan atraksi “taman hiburan” pada 2019. Komentarnya disambut dengan kemarahan dari basis penggemar Marvel.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, jumlah selebritas yang berbicara menentang film-film Marvel telah meningkat, dengan sutradara, aktor, dan lainnya mengeluh tentang dominasi waralaba. Berikut ini adalah lima suara paling menonjol yang membidik MCU, dilansir The Independent, Kamis (10/8/2023):

1. Jennifer Aniston

photo
Jennifer Aniston - (EPA)

 

Berbicara kepada Variety pada 2019, Aniston menyesali obsesi industri film terhadap film-film Marvel. Dia menjelaskan, itu salah satu alasan di balik keputusannya untuk masuk ke serial Apple TV+ "The Morning Show".

“Tidak sampai beberapa tahun terakhir ketika layanan streaming ini meledak dengan kualitas sebanyak ini, saya benar-benar mulai berpikir, ‘Wow, itu lebih baik daripada yang baru saja saya lakukan’,” kata Aniston.

“Kemudian Anda melihat apa yang ada di luar sana dan itu semakin berkurang dalam hal, ini adalah film Marvel yang besar atau hal-hal yang tidak hanya diminta untuk saya lakukan atau sangat tertarik untuk hidup di layar hijau,” ujarnya lagi.

2. James Cameron

photo
Sutradara James Cameron - (EPA)

 

Pembuat film Avatar James Cameron mengkritik pendekatan MCU untuk membangun karakter. Cameron mengatakan kepada The New York Times bahwa ketika dia melihat film-film besar dan spektakuler ini (Marvel dan DC), tidak peduli berapa usia karakternya, mereka semua bertindak seperti sedang kuliah. Mereka memiliki hubungan, tetapi sebenarnya tidak.

“Mereka tidak pernah menyerah karena anak-anak mereka. Hal-hal yang benar-benar membumikan kita dan memberi kita kekuatan, cinta, dan tujuan? Karakter itu tidak mengalaminya, dan menurut saya itu bukan cara membuat film,” ujar Cameron. Pada Januari 2022, sutradara True Lies ini lebih jauh menegaskan bahwa film-film Marvel tidak terasa epik.

3. Francis Ford Coppola

photo
Sutradara Francis Ford Coppola. - (dok. Mola TV)

 

Pembuat film The Godfather dan Apocalypse Now tidak berbasa-basi ketika membahas film-film Marvel pada 2019. Berbicara di Lumiere Festival di Lyon, dia setuju dengan kritik Scorsese terhadap waralaba tersebut, yang kemudian menjadi berita.

Ketika Martin Scorsese mengatakan bahwa gambar-gambar Marvel bukanlah sinema, menurut Coppola, dia benar. “Karena kami berharap untuk belajar sesuatu dari sinema, kami berharap mendapatkan sesuatu, pencerahan, pengetahuan, inspirasi. Saya tidak tahu ada orang yang mendapatkan sesuatu dari menonton film yang sama berulang kali,” ujar Coppola.

Dia melanjutkan bahwa Scorsese baik ketika dia mengatakan itu bukan sinema. “Dia tidak mengatakan itu tercela, yang baru saja saya katakan,” katanya.

4. Robert Downey Jr

photo
Robert Downey Jr - (AP)

 

Sebagai Tony Stark Iron Man, Robert Downey Jr dapat mengambil sebagian besar pujian atas kesuksesan MCU. Meskipun dia telah berbicara secara positif tentang film tersebut dalam banyak kesempatan, sebuah wawancara baru-baru ini dengan The New York Times melihatnya secara terbuka mengkritik waralaba tersebut.

Berbicara tentang memainkan peran di Oppenheimer setelah satu dekade di MCU, Downey berkata: “Anda mulai bertanya-tanya apakah otot yang Anda miliki belum mengalami atrofi.”

Di tempat lain dalam wawancara, Downey juga diberikan daftar film, dan ditanya film mana yang akan dia gambarkan sebagai “konten”. Sementatra dia menggambarkan filmnya tahun 2011 Sherlock Holmes: A Game of Shadows dan Back to School tahun 1986 sebagai “tidak puas”, dia mencap Avengers: Age of Ultron (2015) sebagai "konten”.

5. Quentin Tarantino

photo
Quentin Tarantino. - (EPA-EFE/CHRISTIAN MONTERROSA )

 

Tarantino tampaknya mengkritik “keajaiban Hollywood” dalam wawancara podcast tahun 2022. “Bagian dari Marvel-ization of Hollywood adalah Anda memiliki semua aktor yang menjadi terkenal memainkan karakter ini, tapi mereka bukan bintang film. Benar?”

Menurut Tarantino, Captain America adalah bintangnya atau Thor adalah bintangnya. “Maksudku, aku bukan orang pertama yang mengatakan itu,” ujar Tarantino. Dalam wawancara lain akhir tahun itu, Tarantino mengatakan bahwa pembuat film modern “tidak sabar menunggu hari” ketika film superhero mati, menyalahkan genre tersebut di industri.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement