Senin 14 Aug 2023 12:56 WIB

Imam Seattle Gugat Daftar Pengawasan FBI yang Misterius

Imam Seattle berharap islamfobia semakin diredam.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi Muslim mengaji Alquran dan menunjukkan kearifan Islam di tengah gempuran islamfobia di berbagai media digital.
Foto: ANTARA FOTO/Arif Firmansyah
Ilustrasi Muslim mengaji Alquran dan menunjukkan kearifan Islam di tengah gempuran islamfobia di berbagai media digital.

REPUBLIKA.CO.ID, SEATTLE -- Pemimpin Muslim Seattle, Farid Sulayman, mempertanyakan perihal daftar pengawasan dari FBI yang misterius. Hal ini ia sampaikan menyusul kejadian yang menimpanya beberapa waktu lalu.

Seperti kebiasannya, bulan lalu ia berencana terbang ke California untuk mendampingi turnamen bola basket remaja. Saat berada di konter tiket untuk melakukan check-in, dia mendapat boarding pass dengan stempel khusus “SSSS”, yang menunjukkan dirinya memerlukan pemeriksaan keamanan ekstra.

Baca Juga

Setelahnya, ia disuruh pergi ke jalur tertentu dan agen federal mengantarnya melewati orang lain untuk digeledah. Hal ini berlaku untuk setiap bawaannya tanpa terkecuali, sembari ia merasa semua mata tertuju padanya.

"Di pintu gerbang, ada lebih banyak agen Administrasi Keamanan Transportasi yang seolah-olah melakukan pencarian penumpang secara acak, yang sulit aku percayai karena salah satu agen berjalan langsung ke arahku," ujar dia dikutip di Columbian, Senin (14/8/2023).