Rabu 30 Aug 2023 12:28 WIB

Sentimen Antiproduk Jepang Makin Meluas di Cina

Tak hanya menyasar produk hasil laut, konsumen Cina juga memboikot kosmetik Jepang.

Bendera Jepang dan Cina.
Bendera Jepang dan Cina.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Kerusakan reputasi produk dan layanan Jepang dikhawatirkan meluas di Cina setelah pembuangan air radioaktif yang diolah dari kompleks pembangkit nuklir Fukushima yang rusak ke lautan. Banyak perjalanan ke Jepang dibatalkan. Selain itu, ada kampanye boikot secara daring yang menargetkan barang-barang seperti kosmetik.

Otoritas Cina tampaknya tidak melakukan apa pun untuk menghentikan seruan daring untuk memboikot produk Jepang dengan latar belakang sentimen anti-Jepang yang meningkat akibat pembuangan limbah ke laut yang dimulai minggu lalu.

Global Times, tabloid yang berafiliasi dengan Partai Komunis Cina berkuasa, menyatakan beberapa agen perjalanan melaporkan pembatalan perjalanan ke Jepang dan beberapa perusahaan berencana mengurangi promosi mereka untuk liburan Hari Nasional mulai akhir September.

Harian tersebut mengatakan, antusiasme wisatawan Cina untuk mengadakan perjalanan ke Jepang selama liburan telah berkurang secara signifikan, mengutip pasangan pengantin baru yang mengganti tujuan bulan madu mereka ke negara lain setelah pelepasan air dimulai.

"Jepang bukan tujuan wisata yang tidak bisa diganti dan tindakannya yang tidak bertanggung jawab tidak dapat diterima," kata pasangan itu, yang dikutip harian tersebut, meskipun Cina mengatakan sebelumnya awal bulan ini pihaknya akan melanjutkan tur grup ke Jepang setelah jeda lebih dari tiga tahun akibat pandemi Covid-19.

Cina tetap menolak keras pelepasan air Fukushima, menyebutnya 'terkontaminasi nuklir', dan memberlakukan larangan total impor hasil laut dari negara tetangganya itu.

Media lokal juga melaporkan kekhawatiran konsumen Cina atas keamanan kosmetik Jepang setelah pelepasan air tersebut. Beijing Business Today menyebutkan banyak konsumen mulai mengembalikan barang kosmetik Jepang yang telah dibeli dan mengunggah di media sosial daftar merek yang harus dihindari.

Harian bisnis itu mengatakan pengguna setia SK-II Cina yang telah menggunakan produk kosmetik merek Jepang itu selama tujuh sampai delapan tahun bertekad mencari penggantinya setelah stok habis karena khawatir atas pelepasan air Fukushima.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement