Senin 16 Oct 2023 15:49 WIB

Alhamdulillah, BMKG Sebut 11 Persen Wilayah Ini Bakal Masuk Musim Hujan

BMKG sebut ada 11 persen wilayah di Indonesia yang akan segera memasuki musim hujan.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Bilal Ramadhan
Hujan (ilustrasi). BMKG sebut ada 11 wilayah di Indonesia yang akan segera memasuki musim hujan.
Foto:

Menurut dia, wilayah yang sedang mengalami musim hujan saat ini meliputi sebagian besar Aceh, Sumatera Utara, sebagian besar Riau, sebagian besar Sumatera Barat, Bengkulu. Lalu di sebagian kecil Kalimantan Barat, sebagian kecil Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah bagian tengah, sebagian kecil Maluku, sebagian Papua Barat dan sebagian Papua.

“Sementara itu wilayah Indonesia bagian Selatan equator seperti Wilayah Jawa-Bali-Nusa Tenggara, awal musim hujan secara umum mulai masuk pada periode akhir Oktober–November,” terang Andri.

Dia juga menyampaikan, berdasarkan hasil pemantauan El Nino-Southern Oscillation (ENSO) Dasarian I Oktober 2023 menunjukkan indeks ENSO ada di angka +1.57. Sedangkan Indian Ocean Dipole (IOD) sebesar +2.15. Kondisi IOD positif itu diprediksi bertahan hingga akhir tahun 2023. Sedangkan El Nino moderat diprediksi terus bertahan hingga Februari 2024.

BMKG juga telah memprediksi curah hujan bulanan di sebagian besar wilayah Indonesia berada pada level normal. Meski begitu, belum tentu curah hujan harian dapat berada pada level normal. Sebab, bisa saja curah hujan satu bulan turun hanya dalam kurun waktu satu hari di suatu wilayah.

“Tapi untuk harian itu baru bisa kita prediksi kira-kira sepekan sebelumnya. Jadi meskipun bulanannya normal, hariannya tuh bisa sangat ekstrem karena hujan satu bulan itu bisa turun hanya satu hari,” ujar Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, di Jakarta, dikutip Kamis (12/10/2023).

Berdasarkan data curah hujan yang lalu...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement