Rabu 15 Nov 2023 12:35 WIB

Firli Bahuri Dinilai Layak Dijemput Paksa

Sebagai penegak hukum, Firli Bahuri seharusnya mematuhi hukum.

Red: Andri Saubani
Ketua KPK Firli Bahuri bersiap menyampaikan konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (14/11/2023). Firli membantah kerap mangkir dari panggilan Polda Metro Jaya.
Foto:

Firli Bahuri membantah tudingan bahwa dirinya kerap mangkir dari pemeriksaan Polda Metro Jaya. Dia menyebut, pihaknya selalu berkoordinasi dengan kepolisian jika berhalangan hadir.

"Kalau dibilang mangkir, enggak pernah mangkir sih. Kenapa saya katakan tidak mangkir? Karena ketidakhadiran kita beri surat, Kepala Biro Hukum, Pendamping KPK datang ke Polda Metro, jadi tidak pernah mangkir," kata Firli kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (14/11/2023).

Firli pun mengeklaim bakal segera memenuhi panggilan kepolisian dalam waktu dekat. "Karo Hukum (KPK) dengan Korsup (Direktorat Koordinasi Supervisi KPK) sudah berkoordinasi sejak kemarin dengan Polda Metro Jaya bahwa saya akan datang dalam waktu dekat, tapi bukan hari ini," kata Firli.

Firli tak mengungkapkan tanggal pasti dirinya akan mendatangi kantor Polda Metro Jaya. Dia hanya menyebut, hal ini telah disampaikan kepada kepolisian.

"Itu sudah dikomunikasikan dengan penyidik," ujar Firli.

Firli juga membantah tudingan bahwa dirinya menunda-nunda penyidikan dugaan pemerasan terhadap eks mentan SYL. Purnawirawan jenderal Polri ini menjelaskan, alasan dia beberapa kali tidak dapat menghadiri panggilan polisi lantaran sedang ada kegiatan lain menyangkut tugasnya sebagai Ketua KPK.

"Tidak ada yang menunda-nunda. Saya pastikan tidak ada menunda-nunda. Ini karena kepentingan dinas dan tugas," tegas Firli.

photo
Kontroversi Firli Bahuri - (Infografis Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement