Ahad 10 Dec 2023 10:04 WIB

Israel Kembali Perintahkan Warga Gaza Mengungsi

Banyak dari mereka yang mengungsi beberapa kali.

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Warga Palestina mengungsi ke Jalur Gaza selatan di Jalan Salah al-Din di Bureij, Jalur Gaza, pada Rabu, (8/11/2023).
Foto:

Sementara itu, seorang pejabat Program Pangan Dunia (WFP) mengatakan dengan semakin langkanya persediaan makanan dan obat-obatan, sebuah sistem baru dapat membawa bantuan ke Gaza melalui penyeberangan Kerem Shalom dengan Israel, yang berpotensi memungkinkan impor untuk ditingkatkan.

Namun, Israel belum setuju untuk membuka penyeberangan tersebut. Sebagian besar dari 2,3 juta penduduk Gaza sudah dipaksa keluar dari rumah mereka, dan banyak dari mereka yang mengungsi beberapa kali.

Dengan pertempuran yang berkecamuk di seluruh wilayah, penduduk dan badan-badan PBB mengatakan saat ini tidak ada tempat yang aman untuk mengungsi, meskipun Israel membantahnya. Rumah sakit Nasser di Khan Younis, kewalahan menghadapi banyaknya korban tewas dan luka yang berdatangan sepanjang malam.

Seorang petugas medis berlari keluar dari ambulans dengan membawa tubuh lemas seorang gadis kecil dengan pakaian olahraga berwarna merah muda. Di dalam, anak-anak yang terluka meratap dan menggeliat di lantai keramik sementara para perawat berlomba-lomba menghibur mereka. Di luar, mayat-mayat berjejer dengan kain kafan putih. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement