Rabu 24 Jan 2024 17:30 WIB

Soal Rencana Mundur Mahfud MD dari Kabinet, Ini Komentar Airlangga

Pengangkatan maupun pemberhentian jabatan menteri sepenuhnya hak presiden

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Menko Perekonomian Airlangga Hartanto Saat Kunjungan ke Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat.
Foto: Bambang Noroyono
Menko Perekonomian Airlangga Hartanto Saat Kunjungan ke Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU--- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, turut memberikan tanggapan mengenai pernyataan cawapres nomor urut 03, Mahfud MD. Yakni, mengenai rencana Mahfud MD untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) di kabinet Presiden Jokowi.

‘’Kalau itu kembali terpulang ke Pak Mahfud MD,’’ ujar Airlangga, saat ditemui di sela penyaluran bantuan pangan di Desa Eretan Kulon, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, Rabu (24/1/2024).

Baca Juga

Namun, kata Airlangga, pengangkatan maupun pemberhentian jabatan menteri merupakan hal sepenuhnya dari presiden.

‘’Kita ketahui bahwa jabatan menteri itu hak prerogative presiden,’’ kata Airlangga. 

Seperti diketahui, Mahfud MD mengatakan akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menko Polhukam di kabinet Presiden Jokowi.  ‘’Saya pada saatnya yang tepat, nantinya, pada saatnya akan ajukan pengunduran diri secara baik-baik,’’ ujarnya dalam acara 'Tabrak Prof' di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024). 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَيَوَدُّ اَحَدُكُمْ اَنْ تَكُوْنَ لَهٗ جَنَّةٌ مِّنْ نَّخِيْلٍ وَّاَعْنَابٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُۙ لَهٗ فِيْهَا مِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِۙ وَاَصَابَهُ الْكِبَرُ وَلَهٗ ذُرِّيَّةٌ ضُعَفَاۤءُۚ فَاَصَابَهَآ اِعْصَارٌ فِيْهِ نَارٌ فَاحْتَرَقَتْ ۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمُ الْاٰيٰتِ لَعَلَّكُمْ تَتَفَكَّرُوْنَ ࣖ
Adakah salah seorang di antara kamu yang ingin memiliki kebun kurma dan anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, di sana dia memiliki segala macam buah-buahan, kemudian datanglah masa tuanya sedang dia memiliki keturunan yang masih kecil-kecil. Lalu kebun itu ditiup angin keras yang mengandung api, sehingga terbakar. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu memikirkannya.

(QS. Al-Baqarah ayat 266)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement