Rabu 24 Jan 2024 17:58 WIB

Jokowi Hargai Menko Polhukam yang Mau Mundur, Mahfud: Memang Tugas Presiden Menghargai

Menko Polhukam Mahfud MD akan mundur pada waktunya.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Teguh Firmansyah
Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 2 Mahfud MD menghadiri Halaqah dan Dialog Kebangsaan di Pondok Pesantren (ponpes) An Nur Ngrukem, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (24/1/2024).
Foto: Republiika/Febrianto Adi Saputro
Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 2 Mahfud MD menghadiri Halaqah dan Dialog Kebangsaan di Pondok Pesantren (ponpes) An Nur Ngrukem, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (24/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Presiden Joko Widodo menghargai sikap Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD yang berencana mundur dari Kabinet Indonesia Maju. Mahfud menilai Presiden Jokowi sudah seharusnya menghargai sikapnya tersebut.

"Memang tugas presiden menghargai," kata Mahfud di Pondok Pesantren An Nur, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (24/1/2024). 
 
Mahfud belum mau mengungkapkannya kepada publik terkait kapan keputusan mundur itu akan ia lakukan. Ia akan menyampaikan hal tersebut di waktu yang tepat.  "Nantilah itu sudah sangat teknis," ucapnya. 
 
Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sikapnya terkait rencana pengunduran diri Menko Polhukam Mahfud MD yang juga merupakan cawapres nomor urut 3. Jokowi mengaku sangat menghargai keputusan Mahfud tersebut.

Baca Juga

"Ya itu hak dan saya sangat menghargai," kata Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (24/1/2024).

Jokowi tak permasalahkan pengunduran diri Mahfud selama sesuai dengan aturan yang berlaku.  "Semua itu pegangannya aturan, kalau aturan boleh silakan, kalau aturan boleh silakan. Kalau aturan tidak boleh, tidak sudah jelas itu," ungkap Jokowi.  

 
Diberitakan sebelumnya, Mahfud menyatakan siap mundur dari Menkopolhukam. Pernyataan tersebut disampaikan dalam sebuah acara  di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024) malam. 
 
"Saya bersepakat melakukan itu (mundur) pada saatnya. Agar saya tidak lebih terikat," tutur Mahfud. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَتَقَبَّلَهَا رَبُّهَا بِقَبُوْلٍ حَسَنٍ وَّاَنْۢبَتَهَا نَبَاتًا حَسَنًاۖ وَّكَفَّلَهَا زَكَرِيَّا ۗ كُلَّمَا دَخَلَ عَلَيْهَا زَكَرِيَّا الْمِحْرَابَۙ وَجَدَ عِنْدَهَا رِزْقًا ۚ قَالَ يٰمَرْيَمُ اَنّٰى لَكِ هٰذَا ۗ قَالَتْ هُوَ مِنْ عِنْدِ اللّٰهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يَرْزُقُ مَنْ يَّشَاۤءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ
Maka Dia (Allah) menerimanya dengan penerimaan yang baik, membesarkannya dengan pertumbuhan yang baik dan menyerahkan pemeliharaannya kepada Zakaria. Setiap kali Zakaria masuk menemuinya di mihrab (kamar khusus ibadah), dia dapati makanan di sisinya. Dia berkata, “Wahai Maryam! Dari mana ini engkau peroleh?” Dia (Maryam) menjawab, “Itu dari Allah.” Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki tanpa perhitungan.

(QS. Ali 'Imran ayat 37)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement