Sabtu 23 Mar 2024 04:44 WIB

Lama Menghilang, Kate Middleton Umumkan Tengah Jalani Pemulihan dari Kanker

Pada Januari, Kate menjalani operasi perut di London dan semuanya baik-baik saja.

Red: Friska Yolandha
Princess of Wales Kate Middleton. Berdasarkan aturan kerajaan, Middleton tidak diperkenankan memberikan tanda tangan kepada penggemar.
Foto: EPA-EFE/ANDREW MATTHEWS / POOL
Princess of Wales Kate Middleton. Berdasarkan aturan kerajaan, Middleton tidak diperkenankan memberikan tanda tangan kepada penggemar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Istri Pangeran William, Catherine Middleton, mengumumkan melalui pesan video pada Jumat (22/3/2024) bahwa dia telah didiagnosis menderita kanker dan sedang dalam tahap awal pengobatan. Hal itu ia umumkan melalui pesan video yang disiarkan di televisi Inggris pada pukul 18.00 waktu setempat.

Dia berterima kasih kepada masyarakat Inggris atas pesan dukungan mereka yang luar biasa dan atas pengertian Anda selama dirinya dalam masa pemulihan setelah operasi.

Baca Juga

Kate mengatakan pada Januari, ia menjalani operasi perut besar di London. Pada saat itu, kondisinya dianggap bukan kanker dan operasinya berhasil. 

"Namun, tes setelah operasi menemukan adanya kanker. Oleh karena itu, tim medis saya menyarankan agar saya menjalani kemoterapi preventif dan saya sekarang berada pada tahap awal pengobatan tersebut," katanya, dilansir Mirror, Sabtu (23/3/2024).

Hal ini, katanya, merupakan kejutan besar. William dan dirinya telah melakukan segala yang mereka bisa untuk memproses dan mengelola ini secara pribadi demi keluarga, terutama anak-anaknya.

"Saya membutuhkan waktu untuk pulih dari operasi besar untuk memulai perawatan saya. Namun, yang terpenting, kami membutuhkan waktu untuk menjelaskan semuanya kepada George, Charlotte, dan Louis dengan cara yang sesuai bagi mereka, dan meyakinkan mereka bahwa saya akan baik-baik saja," lanjut perempuan yang akrab disapa Kate.

Kate berharap pengertian semua orang karena mereka memerlukan waktu, ruang, dan privasi untuk menyelesaikan perawatannya. Ia berharap dapat kembali bekerja seperti sedia kala, namun untuk saat ini ia ingin fokus untuk melakukan pemulihan penuh. 

“Saat ini, saya juga memikirkan semua orang yang hidupnya terkena dampak kanker. Bagi siapa pun yang menghadapi penyakit ini, dalam bentuk apa pun, mohon jangan putus asa dan berharap. Anda tidak sendiri," katanya.

Tak lama setelah pengumuman mengejutkan tersebut, Raja Charles III memberikan penghormatan kepada menantu perempuannya.

“Yang Mulia ‘sangat bangga pada Catherine atas keberaniannya berbicara seperti yang dia lakukan’. Setelah mereka bersama-sama di rumah sakit, HM ‘tetap berhubungan paling dekat dengan menantu perempuan tercintanya selama beberapa minggu terakhir. Kedua Yang Mulia ‘akan terus memberikan cinta dan dukungan mereka kepada seluruh keluarga melalui masa sulit ini’.” tulis pernyataan Istana Buckingham.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement