Selasa 26 Mar 2024 14:06 WIB

Bayar Zakat Lewat Baznas, Pj Gubernur Bey Ingatkan Warga Segera Bayar Zakat Fitrah

Potensi zakat penghasilan ASN, Jabar yang tertinggi secara nasional yakni Rp172,99 M

Red: Arie Lukihardianti
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menunaikan zakat melalui Baznas Provinsi Jabar, di Gedung Sate, Kamis (26/3/2024).
Foto: Dok Humas Pemprov Jabar
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menunaikan zakat melalui Baznas Provinsi Jabar, di Gedung Sate, Kamis (26/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG ---- Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Machmudin membayarkan zakat fitrah untuk dirinya, istri, dan anak - anaknya sebagai kewajiban seorang muslim di bulan Ramadhan. Bey membayar zakat melalui Baznas Jabar di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (26/3/2024). Selain zakat fitrah, Bey juga membayarkan zakat harta (maal).

Bey pun mengingatkan warga Jabar yang muslim membayar harta dan zakat fitrah sebelum Idul Fitri. Menurutnya, zakat yang dibayarkan akan dipakai untuk membantu para mustahik yang memang membutuhkan. "Selagi bulan Ramadhan saya mengajak warga Jabar untuk menyerahkan zakat, baik itu zakat maal atau fitrah sesegera mungkin, agar saudara yang membutuhkan dapat menerimanya," kata Bey

Baca Juga

Bey berharap potensi zakat di Jabar dapat dimaksimalkan, termasuk zakat penghasilan dari aparatur sipil negara (ASN). "Potensi zakat ASN Jabar, tentu harapannya tinggi," kata Bey.

Menurut hitungan Kemenag Jabar, dari 49,4 juta warga Jabar sekitar 30 juta wajib berzakat dengan potensi sekitar Rp30 triliun. Pada 2023, Baznas Jabar berhasil menghimpun zakat Rp3,7 triliun. Jumlah tersebut di luar zakat yang dibayarkan masyarakat langsung kepada mustahik, atau disalurkan melalui lembaga lain. 

Potensi zakat penghasilan ASN, Jabar yang tertinggi secara nasional yakni Rp172,99 miliar, menyumbang signifikan pada potensi nasional mencapai Rp1,33 triliun. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement