Senin 06 May 2024 19:31 WIB

Film Baru Captain America Kian Problematik: Rilis Bareng Mainan McD, Ada Sabra dari Israel

Captain America: Brave New World dijadwalkan rilis pada 14 Februari 2025.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Captain America: Brave New World yang dijadwalkan rilis pada 14 Februari 2025. Ada karakter Sabra, superhero dari Israel di film yang rilis berbarengan dengan mainan McDonalds itu.
Foto:

Melalui mainan ini, Marvel Studios dan Disney secara tidak sengaja telah membuka diskusi yang lebih luas tentang hubungan antara hiburan, merchandise, dan isu-isu sosial-politik, terutama genosida di Gaza, Palestina oleh Israel. Kejadian ini juga menunjukkan betapa kompleksnya keterlibatan penonton dalam era digital, di mana setiap detail dapat dianalisis dan dibahas secara mendalam oleh para penggemar.

Sejak tahun lalu, ada banyak orang melakukan boikot terhadap McDonald's. Boikot dilakukan secara spontan karena sikap McD yang pro Israel dan dugaan adanya hubungan sejumlah produk dengan Israel.

Selain itu, Disney menjadi salah satu target Gerakan Boycott, Divestment, Sanctions (BDS). Dalam laman BDS disebut Marvel Cinematic Universe (MCU) yang merupakan milik Disney aktif mempromosikan pahlawan super "Sabra" dalam film Captaian America berikutnya dengan melambangkan apartheid Israel.

Dukungan Disney terhadap Israel sangat jelas ketika CEO Walt Disney Robert A Iger pada Oktober 2023 dalam keterangan resminya menyampaikan telah memberikan bantuan kemanusiaan senilai 2 juta dolar AS atau Rp 31 miliar ke Israel. Makin wajib diboikot?

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement