Ahad 12 May 2024 06:12 WIB

4.000 Kilometer Jalan Raya Disiapkan Pemerintah Arab Saudi untuk Memudahkan Jamaah Haji

Ibadah haji merupakan ibadah yang sangat diinginkan bagi setiap muslim.

Rep: Mgrol150/ Red: Muhammad Hafil
Lalu lintas jalan raya di Kota Makkah saat puncak haji (Ilustrasi).
Foto: Muhammad Hafil / Republika
Lalu lintas jalan raya di Kota Makkah saat puncak haji (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ibadah haji merupakan ibadah yang sangat diinginkan bagi setiap muslim di seluruh dunia, sehingga setiap pelaksanaan ibadah haji akan ada jutaan jamaah yang memadati kota Mekkah. Untuk mendukung hal tersebut, pemerintah Arab Saudi menyiapkan 4.000 kilometer jalan untuk memudahkan mobilisasi jamaah haji.

Dilansir dari GulfNews,  Otoritas Pekerjaan Umum di Arab Saudi telah mengumumkan selesainya persiapan ekstensif di jalan-jalan Mekkah menjelang musim haji 2024 yang akan dilaksanakan pada bulan Juni mendatang. Perbaikan jalan tersebut melibatkan survei dan peningkatan kualitas 4.000 kilometer jalan raya untuk memastikan pengalaman berkendara yang lancar dan nyaman bagi para jamaah yang melaksanakan ibadah haji.

Baca Juga

Perbaikan yang dilakukan antara lain pengikisan dan pengaspalan ulang jalan sepanjang 158 km, perbaikan retakan dan lubang di 403 lokasi, pemangkasan bahu jalan sepanjang 2.361 km, pengikisan bukit pasir seluas 1.240 meter kubik, dan pembersihan aliran sungai di lembah pada 421 lokasi. Dalam kegiatan tersebut, memiliki fungsi utama untuk memberikan pengalaman yang nyaman untuk perjalanan haji, karena para jamaah akan melakukan serangkaian perjalanan yang panjang dalam rangkaian ibadah panjang tersebut.

Jaringan jalan raya Arab Saudi, yang dicatat oleh Bank Dunia sebagai yang pertama dalam interkoneksi jaringan jalan global yang juga memainkan peran penting dalam menghubungkan tempat-tempat suci dan memfasilitasi perjalanan jamaah yang aman dan efisien. Hal tersebut merupakan evaluasi yang dilakukan Otoritas Pekerjaan Umum Arab Saudi dari tahun lalu, guna kelancaran ibadah para jamaah. Jalur – jalur tersebut juga menghubungkan Arab Saudi dengan negara – negara sekitar sehingga memudahkan para Jamaah untuk melewati jalur darat. 

Bader Al Dalami, Kepala Otoritas Pekerjaan Umum telah memastikan kesiapan jalur tersebut, serta melakukan tur inspeksi di lebih dari 2.000 km jalan menuju tempat-tempat keagamaan utama. Tur tersebut mencakup rute-rute utama seperti jalan raya Riyadh-Taif yang menghubungkan ibu kota dengan Taif dan jalan Taif Al-Sail yang memiliki peran penting bagi perjalanan para jamaah selama rangkaian ibadah haji berlangsung. 

Mention Yukk, Satu jenis kosmetik yang ada di Meja rias Kamu!

  • Lipstick
  • Face Primer
  • Foundation
  • Loose Powder
  • BB Cream
  • Blush On
  • Eyeshadow
  • Eyeliner
  • Maskara
  • Concealer
  • Lainnya
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement