Selasa 14 May 2024 17:50 WIB

Warga Lebak Diajak Hindari Boros Pangan

Konsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan dan porsinya.

Red: Fuji Pratiwi
Sampah makanan (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Sampah makanan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, RANGKASBITUNG -- Pemerintah Kabupaten Lebak di Provinsi Banten mengajak masyarakat di daerah setempat menggunakan pangan sesuai dengan kebutuhan guna menghindari terjadi pemborosan.

Kepala Bidang Distribusi dan Sumberdaya Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lebak, Benu Dwiyana di Rangkasbitung, Lebak, Selasa (14/5/2024), mengatakan, masyarakat harus bijaksana mengkonsumsi pangan dan tidak berlebihan yang pada akhirnya pemborosan pangan dan menjadikan sampah. Penggunaan pangan secara berlebihan tentu bisa menimbulkan kemubaziran, apalagi saat ini harga pangan terjadi fluktuatif.

Baca Juga

Oleh karena itu, Pemkab Lebak minta masyarakat, pengusaha katering, hotel, dan restoran, termasuk pesta hajatan jika menyediakan pangan sesuai dengan kebutuhan guna menghindari pemborosan. Penggunaan pangan tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan bukan mengutamakan keinginan.

Begitu juga warga bila mengkonsumsi makanan disesuaikan dengan kebutuhan porsinya dan tidak akan terjadi pemborosan. Namun, sebaliknya jika mengonsumsi makanan itu sesuai keinginan maka dipastikan akan berlebihan sehingga bisa terbuang makanan tersebut.