Selasa 04 Jun 2024 10:52 WIB

Bola Liar Mundurnya Bambang Susantono, Bakal Mengancam IKN?

Presiden Jokowi Widodo mengunjungi IKN selepas kabar mundurnya Bambang,

Rep: Teguh/Antara/Nawir/ Red: Teguh Firmansyah
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Kepala OIKN Bambang Susantono saat memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/3/2024). Bambang mundur dari bos IKN.
Foto:

Di waktu yang tersisa jelang masa akhir Pemerintahan Presiden Joko Widodo, Basuki punya tugas berat untuk memastikan bahwa IKN sudah bisa digunakan saat upacara 17 Agustus 2024. Artinya ada waktu kurang lebih sekitar dua bulan untuk menyelesaikan semua pekerjaan rumah yang belum tuntas.   

Salah satu titik vital adalah pembangunan bandara IKN yang diharapkan dapat menjadi titik landas pesawat Kepresidenan. Menhub Budi Karya Sumadi menargetkan pembangunan bandara IKN bisa selesai dan beroperasi pada 1 Agustus 2024.  

“Untuk landas pacu dan gedung terminal, perubahannya signifikan dan terlihat jelas, jika dibandingkan saat saya terakhir kali ke sini pada akhir April lalu. Kemajuan ini tentu sangat menggembirakan,” ujar Menhub, dalam keterangan tertulis, Senin (4/6/2024).

Menhub juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada semua pihak, khususnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan para pekerja atas kerja kerasnya selama ini. Ia pun berharap sinergi ini dapat mewujudkan komitmen bersama untuk menyelesaikan Bandara IKN pada tanggal 1 Agustus 2024.

 “Insya Allah, Juli kita uji coba dan siap dioperasikan untuk memperingati Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus nanti,” kata Menhub.

Presiden kunjungi IKN

Secara terpisah, untuk menjawab keraguan dari banyak pihak, Presiden mengunjungi akan IKN hari ini.  Presiden Joko Widodo mengatakan ingin melihat persiapan penyelenggaraan upacara HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, di sela kunjungan kerjanya di provinsi tersebut.

"Saya meluncur ke Balikpapan akan ke IKN Nusantara. Ini kita akan melihat program perkembangan pembangunan. Yang kedua juga akan melakukan peletakan batu pertama ground breaking beberapa institusi pendidikan dan juga melihat persiapan untuk upacara 17 Agustus yang akan datang," kata Jokowi dalam vlog singkatnya di dalam Pesawat Kepresidenan, saat hendak menuju IKN.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengumumkan pengunduran diri Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono dan Wakil Kepala OIKN Dhony Rahajoe di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (3/6/2024). Tidak dijelaskan alasan pengunduran diri keduanya. 

"Beberapa waktu yang lalu Bapak Presiden menerima surat pengunduran diri dari Pak Doni Dhony Rahajoe selaku Wakil Kepala Otorita IKN. Kemudian beberapa waktu berikutnya Presiden juga menerima surat permohonan pengunduran diri dari Bapak Bambang Susantono sebagai kepala otoritas IKN," kata Pratikno.

Anggota Komisi IV DPR Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan mengaku terkejut dengan mundurnya Bambang Susantono dari posisi Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN). Meskipun ia mengamini, terdapat banyak masalah dalam proses pembangunan IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur itu.

"Kita sempat mendengar banyak gaji yang belum turun, kita sempat mendengar protes-protes masyarakat adat yang belakangan ini semakin keras, di samping tuntutan-tuntutan yang sangat besar kadang-kadang di luar bayangan kita," ujar Daniel di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (3/6/2024).

Di samping itu, Otorita IKN juga memiliki target terdekat untuk penyelenggaraan upacara HUT Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang. Namun, masih banyak sarana pendukung yang belum terselesaikan. "Sehingga ini menjadi catatan penting, sekaligus untuk semua yang terlibat benar-benar menimbang kembali target-target yang relevan dan sesuai dengan kemampuan itu seperti apa," ujar Daniel.

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement