Rabu 26 Jun 2019 10:32 WIB

Jejak Kekalahan Napoleon Bonaparte di Lapangan Banteng

Sejak era Kolonial Lapangan Banteng sudah menjadi gelanggang politik

Red: Karta Raharja Ucu
Waterlooplein atau Lapangan Banteng kini bersalin nama menjadi Lapangan Banteng.
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Foto aerial Tugu Pembebasan Irian Barat dengan latar belakang lapangan Banteng di Jakarta.

Lapangan itu berganti nama menjadi Lapangan Banteng setelah Indonesia merdeka. Ada sejumlah versi mengapa diberi Lapangan Banteng. Versi pertama, sejak era Belanda wilayah itu sebenarnya juga dikenal sebagai "Buffelsfeld" yang artinya lapangan banteng. Alasannya di wilayah itu dulu ditemukan banyak kubangan karena tanahnya diambil untuk membuat batu bata. Kubangan itu pun dijadikan tempat berendam kerbau.

Namun versi yang paling sering diceritakan karena lapangan itu dulunya dihuni berbagai macam satwa liar seperti macan, kijang, dan banteng. Jakarta yang dulu hutan belantara memang sempat menjadi habitat hewan liar. Sewaktu JP Coen membangun Batavia di dekat muara Ciliwung, lapangan itu dan sekelilingnya masih berupa hutan.

photo
Orang kaya dan kulit putih berpakansi di Lapangan Banteng pada zaman kolonial.

Abah Alwi Shahab, sejarawan Jakarta, pernah bercerita jika lapangan itu di zaman Gubernur Jenderal Herman William Daendels, pernah dijadikan latihan militer. Memang dalam catatan sejarah, Daendels selama menjabat mendapatkan tugas membangun area tersebut sebagai pusat pertahanan militer di tanah Jawa.  

Daendels juga membangun ‘gedung putih’ di Lapangan Banteng. Kini gedung itu menjadi kantor Kementerian Keuangan. Dulu di samping gedung putih yang batal dijadikan istana gubernur jenderal itu ada sebuah gedung Club Concordia, tempat hiburan para petinggi militer.

Saban akhir pekan, para perwira dengan istri atau pasangan mereka berdansa di lantai pualam, diiringi musik hasil karya komposer terkenal, seperti Strauss, Offenbach, Verdi, dan Donizetti. Wanita-wanitanya memakai pakaian impor dari Paris dan London. Namun setelah penyerahan kedaulatan, gedung ini dijadikan sebagai gedung DPR di era demokrasi liberal.

photo
Gedung Putih yang dibangun Daendels dikenal sebagai tempat peristirahatan atau Daendels palace di dekat Lapangan Banteng. Saat ini gedung tersebut menjadi Kantor Kementerian Keuangan. (tangkapan layar)

Di era Ali Sadikin, Lapangan Banteng itu dijadikan terminal bus yang melayani beragam jurusan di Ibu Kota, seperti Cililitan, Blok M, Priok, dan Grogol. Bus legendaris di terminal itu berasal dari Bulgaria bernama Robur.

Terminal Lapangan Banteng saat itu tidak pernah tidur. Selain beroperasi selama 24 jam, di dekatnya dulu berjejer rumah makan yang buka seharian penuh. Ada juga tempat penjualan buku dan majalah, serta komik.

Umumnya sebuah terminal, para penumpang angkutan umum harus ekstra waspada menjaga barang berharganya. Soalnya di terminal Lapangan Banteng dulu terkenal sebagai 'daerah jajahan' para copet kelas atas.

photo

Lukisan benteng (citadel) di Batavia di zaman awal kolonial. (gahetna.nl).

Kini di lapangan itu bukan lagi berdiri patung singa atau patung sang pendiri Batavia, JP Coen. Kedua patung yang dianggap merepresentasikan era Kolonial itu digantikan patung seorang pria bertubuh kekar yang menjulang menyundul langit. Patung berbahan perunggu itu menjadi bagian dari Tugu Pembebasan Irian Barat.

Berdiri sejak 17 Agustus 1963, patung itu erat kaitannya dengan sejarah Trikora (Tri Komando Rakyat) dan kembalinya Irian Barat ke pangkuan Indonesia setelah bebas dari cengkraman Belanda. Trikora adalah nama operasi yang dikumandangkan Presiden Soekarno di Yogyakarta untuk pembebasan Irian Barat.

Soekarno yang memiliki ide membuat patung setinggi 9 meter itu. Lalu Henk Ngantung --Gubernur Jakarta periode 1964-965, menerjemahkannya dalam bentuk sketsa. Kabarnya, Soekarno sendiri yang menjadi model sketsa Henk Ngantug. Sketsa itu mengilustrasikan seseorang yang telah bebas dari penjajahan dan diterjemahkan melalui rantai serta borgol pada patung tersebut.

Kaki patung dibuat oleh Friedrich Silaban yang juga perancang Masjid Istiqlal. Namun, patung seberat delapan ton itu diselesaikan dalam waktu 12 bulan oleh maestro patung Edhi Sunarso. Pematung kesayangan Presiden Soekarno dan pernah disekolahkan ke Rusia untuk mempelajari ilmu diorama itu, juga membuat Patung Selamat Datang di Bundaran Hotel Indonesia dan Patung Dirgantara yang dikenal sebagai "Patung Pancoran".

photo
Foto udara Monumen Pembebasan Irian Barat di Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (23/7).

Lapangan Banteng juga pernah menjadi gelanggang politik. Lapangan itu menjadi tempat kampanye berbagai partai politik pada Pemilu 1955 dan 1971. Termasuk saat kerusuhan ketika Partai Golkar berkampanye di Lapangan Banteng pada 1982. Saat itu panggung dan alat musik dibakar massa. Kerusuhan disebut-sebut dipicu massa PPP yang iri lantaran Partai Golkar mendapatkan fasilitas mewah dari pemerintah. Namun, versi lain mengatakan jika kerusuhan dipicu elite Golkar sendiri untuk mendeskriditkan pesaingnya.

Lapangan Banteng juga kerap menjadi arena demonstrasi. Di lapangan itu mahasiswa menggelar aksi menuntut Presiden Soekarno mundur dari jabatannya. Sementara Pada 9 November 1965 pascaperistiwa G30S PKI, sekitar 1,5 juta orang berkumpul di Lapangan Banteng menuntut PKI dibubarkan.

Pasca-Soekarno jatuh dan Orde Lama tumbang, lapangan itu tetap menjadi parlemen jalanan. Aksi massa mengkritik pemerintah tak berhenti di era Orde Baru. Termasuk saat 15 Januari 1974 atau dikenal peristiwa kerusuhan Malari (Lima Belas Januari).

TENTANG PENULIS

KARTA RAHARJA UCU, wartawan Republika

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement