Senin 17 Jun 2024 08:50 WIB

Meratap di Jabal Rahmah, Tempat Turunnya Ayat Terakhir Alquran

Banyak jamaah haji yang ingin memanjatkan doa di Jabal Rahmah, Padang Arafah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Hasanul Rizqa
Jamaah dari berbagai dunia memenuhi Jabal Rahmah di Arafah, Sabtu (15/6/2024) pagi.
Foto:

Semua banyak ingin menggapai tugu putih itu, termasuk jamaah asal Kota Tanjungbalai Sumatra Utara, Fachrizal Nasution (52 tahun). Ia berharap bisa berdoa di puncak Jabal Rahmah. Namun, apalah daya cuaca di Arafah tahun ini sangat panas sekali.

"Alhamdulillah, waktu umrah pernah ke sana. Hanya kali ini saya enggak ke sana, karena cuacanya sangat panas sekali," ujar Fachrizal kepada Republika.

Ia pernah datang ke puncak Jabal Rahmah bersama istrinya, Nurmalini Marpaung (49 tahun) saat baru membangun rumah tangga beberapa tahun silam. Kali ini, ia mengaku berdoa untuk kebaikan-kebaikan diri dan keluarga, termasuk harapan bahwa dikaruniai cucu-cucu yang saleh dan salehah.

"Waktu itu kami berdoa di sana agar diberikan anak yang saleh dan salehah," kata Nurmalini, sontak tangannya pun langsung digandeng oleh Fachrizal.

Setelah berdoa di bukit ini, para jamaah Indonesia pun kembali ke tendanya untuk bersiap melaksanakan wukuf. Prosesi khutbah wukuf digelar di tenda Misi Haji Indonesia yang dihadiri antara lain Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas.

Setelah melaksanakan shalat jamaah taqdim zuhur dan ashar, Menteri Yaqut bersama jajarannya meninjau aktivitas di tenda-tenda jamaah haji Indonesia. Setelah memasuki waktu wukuf, jamaah juga banyak yang berdoa di luar tenda.

Fachrizal dan Nirmalini pun merasa puas dengan layanan yang diberikan pemerintah Indonesia, khususnya di Maktab 15 yang ditempatinya. Menurut keduanya, pelayanan yang diberikan Kementerian Agama (Kemenag RI) sudah baik, sejak pemberangkatan di asrama haji hingga di Tanah Suci.

"Namanya kekurangan pasti ada, tapi semuanya cukup baik layanannya. Bahkan, di tenda itu makanan berlebih. Buah dan makanan enggak ada habis-habisnya," ucap Nurmalini.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement