Selasa 02 Jul 2024 05:59 WIB

Tentara IDF Diledakkan di Semua Front Perlawanan Palestina

Faksi-faksi perlawanan Palestina menggencarkan serangan belakangan.

Red: Fitriyan Zamzami
Tentara Israel bergerak di atas tank di dekat perbatasan Israel-Gaza, terlihat dari Israel selatan, Sabtu, 29 Juni 2024.
Foto:

Dari Yaman, Almayadeen melaporkan, kelompok Houthi mengumumkan pada hari Senin bahwa mereka melakukan empat operasi militer besar yang menargetkan kapal-kapal milik Amerika Serikat, Inggris, dan pendudukan Israel, dan menghasilkan serangan langsung. Brigadir Jenderal Yahya Saree, juru bicara Angkatan Bersenjata Yaman, merinci serangan tersebut dalam sebuah pernyataan. 

Operasi pertama menargetkan kapal Israel MSC Unific VI di Laut Arab menggunakan beberapa rudal jelajah. Operasi kedua, menurut Saree, menargetkan kapal tanker minyak AS Delonix di Laut Merah dengan rudal balistik. Ini menandai serangan kedua terhadap Delonix dalam minggu yang sama. 

Pada operasi ketiga, pasukan Yaman menargetkan kapal Kargo Inggris Anvil Point di Samudera Hindia dengan rudal jelajah. Operasi keempat menargetkan kapal Lucky Sailor di Laut Mediterania, lagi-lagi menggunakan rudal jelajah. Angkatan Bersenjata Yaman menggarisbawahi, serangan ini disebabkan perusahaan pemilik kapal melanggar larangan memasuki pelabuhan di wilayah pendudukan Palestina. Kelompok Houthi menyatakan operasi mereka tidak akan berhenti sampai agresi berhenti dan blokade terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza dicabut.

Operasi ini mengikuti operasi serupa sebelum akhir pekan, di mana Houthi menyerang empat kapal yang berafiliasi dengan Israel dan sebuah kapal Amerika di Mediterania dan Laut Merah pada Jumat.

photo
Pendukung Houthi menghadiri unjuk rasa menentang perang Israel di Jalur Gaza dan pemboman pimpinan AS di Yaman di Sanaa pada Jumat, 7 Juni 2024. - (AP)

Saree mengatakan bahwa Houthi melakukan operasi gabungan dengan Perlawanan Islam di Irak, di mana kelompok tersebut menembakkan beberapa drone bunuh diri ke arah kapal tanker bahan kimia dan produk minyak WALER di Laut Mediterania. Dia menjelaskan bahwa kapal tersebut berlayar menuju Pelabuhan Haifa yang diduduki Israel, melanggar ketentuan embargo Yaman terhadap pendudukan Israel.

Pasukan Roket dan Angkatan Laut Houthi juga menargetkan kapal tanker kimia DELONIX milik Amerika di Laut Merah, menggunakan beberapa rudal balistik anti-kapal yang dilaporkan berdampak langsung pada kapal tersebut. Kapal-kapal yang terkait dengan Amerika Serikat telah menjadi sasaran Houthi , setelah militer AS melancarkan puluhan serangan ke Yaman, sebagai bentuk dukungan kepada rezim Israel.

Fase akhir perang... baca halaman selanjutnya

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement