Jumat 05 Jul 2024 19:06 WIB

Kondisi Manusia Digiring di Padang Mahsyar Saat Kiamat dan 5 Cara Umat Islam Dikenali

Kiamat keniscayaan yang akan terjadi atas kehendak Allah SWT

Red: Nashih Nashrullah
Hari Kiamat (ilustrasi). Kiamat keniscayaan yang akan terjadi atas kehendak Allah SWT
Foto:

Kedua, dzikir atau mengingat Allah SWT. Adapun cara kedua yang harus dilakukan Muslim agar terbebas dari golongan orang yang dimusuhi Allah SWT pada hari kiamat adalah mengingat-Nya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengingat Allah SWT adalah melalui dzikir.

Berdzikir dapat dilakukan dengan mengingat kebesaran-Nya, menyebut nama-Nya serta mensyukuri nikmat-Nya. Allah SWT berfirman:

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

"Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku." (QS al-Baqarah ayat 152).

Dalam firman Allah SWT tersebut terdapat perintah ingatlah. Allah SWT memerintahkan hamba-Nya untuk senantiasa mengingat-Nya. Sebagai balasan bagi hamba-Nya yang senantiasa mengingat-Nya, Dia pun akan mengingat hamba-Nya tersebut.

Sedangkan, hamba yang mendapatkan perhatian khusus dari-Nya jelas akan beruntung hidupnya.

Ketiga, jangan pernah tinggalkan Alquran, baca, renungkan, dan amalkan. Membaca Alquran termasuk salah satu bentuk dzikir atau mengingat Allah SWT.

Membaca Alquran juga dapat menjadi bekal bagi setiap Muslim. Karena pada hari kiamat, Alquran akan datang memberikan syafaatnya kepada Muslim yang semasa hidupnya gemar membaca Alquran. Dengan syafaat Alquran, Muslim akan terhindar dari azab Allah SWT.

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ الْبَاهِلِيُّ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، يَقُولُ: اِقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ

Dari Abu Umamah al-Bahili ia berkata, aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bacalah Alquran, sebab ia akan datang di hari kiamat kelak sebagai pemberi syafaat kepada pembacanya.” (HR Muslim No 804)

Pada hari kiamat nanti, Allah SWT akan menjadikan pahala membaca Alquran sebagai sesuatu yang berdiri sendiri, datang memberikan syafaat kepada muslim yang rajin dan istiqamah membaca Alquran.

Rasulullah SAW menjanjikan pahala dan balasan besar bagi mukmin yang senang membaca Alquran. Pahala tersebut berupa ketenteraman hati, ketajaman logika, dan tercerahnya ruhani seorang mukmin.

Keempat, jangan lupa untuk rajin bersedekah. Tentu saja, harta yang digunakan untuk bersedekah haruslah harta yang diperoleh dengan cara halal.

Dengan memperbanyak sedekah, setiap Muslim akan memperoleh dua keuntungan sekaligus. Pertama, terbebas dari golongan orang yang dimusuhi Allah SWT pada hari kiamat. Kedua, memiliki bekal untuk kehidupan di akhirat karena di balik sedekah tersimpan pahala yang melimpah (berlipat-lipat).

مَنْ ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَاللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْسُطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

"Barang siapa bersedia memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan, Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki); dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan." (QS al-Baqarah ayat 245).

Kelima, sujud...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement