Selasa 16 Jul 2024 13:21 WIB

Rahasia Sukses Timnas Spanyol di Tangan Luis de la Fuente

De la Fuente meninggalkan gaya 'tiki-taka' menjadi tim menyerang yang dinamis.

Red: Andri Saubani
Para pemain Spanyol merayakan kemenangan dengan mengangkat trofi usai pertandingan antara Spanyol dan Inggris pada final Euro 2024 di Berlin, Jerman, Ahad (14/7/2024). Spanyol berhasil menjadi euro 2024 setelah mengalahkan Inggris dengan skor 2-1.
Foto:

Kapten timnas Spanyol Alvaro Morata, menyampaikan terima kasihnya kepada legenda Spanyol, Andres Iniesta dan Bojan Krkic. Pernyataan Morata itu berkaitan dengan saran kedua legenda Spanyol itu dalam mengatasi masalah mental dan tekanan mental selama membela timnas Spanyol.

"Saya berterima kasih kepada istri saya dan keluarga serta kepada Andres Iniesta. Jika bukan berkat dia dan Bojan Krkic, saya tak akan bermain dalam Piala Eropa," kata Morata kepada harian Spanyol, AS, seperti dilaporkan laman Football Espana pada Senin.

Iniesta adalah mantan bintang Barcelona dan timnas Spanyol yang mengantarkan La Roja menjuarai Euro 2008, Piala Dunia 2010, dan Euro 2012. "Mereka merasakan apa yang sudah saya alami dan bilang bahwa selalu ada secercah harapan," sambung kapten La Roja yang digantikan Mikel Oyarzabal pada babak kedua final Euro 2024 itu. 

Sementara, gelandang muda Spanyol yang menjadi man of the match final Euro 2024 antara Spanyol dan Inggris, Nico Williams, mengajak rekan-rekannya untuk menatap Piala Dunia 2026 setelah sukses menjuarai Piala Eropa 2024.

"Saya senang sekali, pendukung kami pantas mendapatkan ini. Kita berhasil menjuarai Piala Eropa, kini ayo kita ke Piala Dunia di Amerika Serikat," kata Williams.

Williams memecah kebuntuan pada awal babak kedua final Euro 2024 yang membawa Spanyol memimpin 1-0, namun kemudian disamakan oleh Cole Palmer, sebelum Mikel Oyarzabal memastikan kemenangan Spanyol dalam final itu dan sekaligus trofi keempat Piala Eropa. Pemain sayap Athletic Bilbao itu tengah dibidik Barcelona setelah tampil menawan selama 12 bulan membela Bilbao.

Pemain berusia 22 tahun itu akan menjadi pemain Spanyol yang sangat penting dalam beberapa tahun ke depan, dan kini dia sudah mengalihkan perhatian ke Piala Dunia 2026 di Amerika Serikat. Tapi sebelum ke sana, Williams sudah ditunggu La Roja untuk menjalani kompetisi Nations League pada September, masing-masing melawan Serbia dan Swiss, sebelum laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Eropa yang akan dimulai pada Desember.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement