Kamis 18 Jul 2024 15:20 WIB

Ustadz Yazid Jawas Pernah Ungkap Kesesatan Ponpes Al Zaytun Pimpinan Panji Gumilang

Kesesatan Al Zaytun diungkap Ustadz Yazid di buku Mulia dengan Manhaj Salaf.

Red: Karta Raharja Ucu
Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas pernah mengungkapkan kesesatan Pesantren Al Zaytun pimpinan Panji Gumilang.
Foto:

Siapa Abu Toto?

Abu Toto adalah pendiri NII (Negara Islam Indonesia) KW9 yang dituduh melakukan penyesatan, penipuan, serta berupaya makar terhadap Pancasila karena ingin mengganti dasar NKRI. Dalam sejumlah pemberitaan, Abu Toto adalah nama lain dari Panji Gumilang.

Seperti disebutkan Taufik Hidayat, peneliti untuk Pondok Pesantren Al Zaytun. Dia mengungkap perilaku Panji Gumilang yang dianggap sakti dan membongkar identitas sebenarnya.

“Yang perlu kita pahami, Ponpes Al Zaytun itu merupakan pusat kamp konsentrasi kalau ada MUI dan Kemenag datang ke sana investigasi itu hal yang gak mungkin. Tapi satu hal saya menantang Panji Gumilang, jadi Anda ini lupa ya pernah saya wawancarai lima jam lebih,” kata Taufik Hidayat saat hadir dalam forum Catatan Demokrasi tvOne.

Taufik Hidayat tak ragu menyebut sosok Panji Gumilang ini adalah Abu Totok alias Totok Abdussalam. "Saat itu kami kejar, betulkah Anda Abu Totok? Akhirnya dia ngaku juga karena saya bilang Syekh Anda asli Anyar ya Dukun Gresik, saya udah ketemu dengan adik dan ibunya Panji Gumilang," kata Taufik Hidayat mengungpkan.

Sosok Panji Gumilang adalah Abu Toto juga menguat dalam perjalanan kasusnya satu tahun lalu. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD saat itu mengungapkan Panji Gumilang memiliki ratusan rekening bank dengan nama berbeda yang nilainya fantastis. Rekening mencurigakan yang diungkap juga mengatasnamakan Al Zaytun.

"Ada dari 256 rekening atas nama dia (Panji Gumilang), dan 33 rekening atas nama institusi, jadi 289," kata Mahfud MD di Jakarta, Rabu 5 Juli 2023.

Ratusan rekening tersebut tidak semuanya menggunakan nama Panji Gumilang. "256 rekening atas nama Abu Toto, Panji Gumilang, Abdussalam. Nama dia (Panji Gumilang) itu enam,” kata Mahfud.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement