Sabtu 03 Aug 2024 15:37 WIB

Perhutani Jabar Ungkap Giat Bebersih Leweung Republika Bagian Menjaga Hutan

Perehutani mengajak Republika bersama-sama melaksanakan kearifan lokal

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Republika kembali menggelar kegiatan Bebersih Leuweung etape II, di Gunung Putri Jayagiri Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Sabtu (3/8/2024).
Foto: Edi Yusuf
Republika kembali menggelar kegiatan Bebersih Leuweung etape II, di Gunung Putri Jayagiri Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Sabtu (3/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Perum Perhutani Jawa Barat dan Banten mengungkapkan kegiatan Bebersih Leuweung (Hutan) jilid II di Gunung Putri Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (3/8/2024) yang dilaksanakan oleh republika.co.id bagian dari menjaga hutan. Mereka pun merasa kegiatan tersebut membantu kerja-kerja Perhutani.

Kepala Divre Perhutani Jabar dan Banten Yudha Suswardhanto mengapresiasi kegiatan Bebersih Leuweung yang digagas republika.co.id di Gunung Putri Jayagiri, Sabtu (3/8/2024) bagian dari upaya penyelamatan bumi dan hutan. Selain itu, kegiatan tersebut bersinergi dengan Perhutani dalam mengelola hutan.

Baca Juga

"Kegiatan yang bersifat upaya penyelamatan bumi, kami sangat bergembira karena ini termasuk sinergi bagi kami dalam mengelola tugas-tugas kami khususnya penyelamatan hutan dan lingkungan," ujar Yudha di sela-sela acara Bebersih Leuweung.

Yudha mengatakan, Perhutani memiliki tugas untuk menjaga hutan serta menjadi pendukung untuk masyarakat sekitar hutan. Pihaknya mengajak Republika bersama-sama melaksanakan kearifan lokal dengan masyarakat Jawa Barat.

"Perhutani sebagai korporasi negara BUMN yang memang mengelola hutan secara tugas pokok utama menjaga hutan bisa menjadi suport sistem bagi masyarakat yang ada di sekitarnya maupun ekosistem pulau Jawa secara keseluruhan," kata dia.

Yudha menambahkan kegiatan dan aksi penyelamatan lingkungan kental di wilayah Jawa Barat dibandingkan provinsi lainnya di pulau Jawa. "Upaya-upaya penyelamatan lingkungan apapun sekecil apapun perlu diapresiasi dan didukung," kata dia.

Aksi Bebersih Leweung melibatkan komunitas pencinta alam seperti Pamor FPOK UPI, Mapala STIKOM Bandung dan Unisba termasuk Forum Penyelamat Lingkungan Hidup. Kegiatan pun didukung oleh Pemprov Jabar, Bank BJB, Perhutani, PTPN VIII, Palawi Risorsis, Air Mineral Bisto, Bank BJB Syariah, Rumah Wakaf, Rumah Zakat, Truclimate dan Eiger.

Aksi Bebersih Leuweung jilid II merupakan rangkaian dari program Sehati untuk Bumi yang digagas Republika. Program tersebut sudah berlangsung sejak bulan Juni hingga Juli mendatang dengan kegiatan lainnya.

Sebelumnya, aksi Bebersih Leuweung pertama kali digelar di Gunung Palasari, Kabupaten Bandung melibatkan berbagai komunitas pencinta alam dan berbagai pihak yang mendukung kegiatan tersebut.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement