Rabu 04 Sep 2024 12:44 WIB

Jokowi, Prabowo, Hingga Menag Sambut Paus Fransiskus di Istana

Semangat perdamaian dan toleransi yang ingin Indonesia bersama Vatikan sebarkan.

Rep: Frederikus Dominggus Bata/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden RI Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus di veranda Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (4/9/2024).
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Presiden RI Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus di veranda Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (4/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Paus Fransiskus di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat pada Rabu (4/9/2024), sudah berlangsung. Di dalam Istana, terlihat Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar, Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo menanti kedatangan Paus.

Sekitar pukul 09.35 WIB, rombongan Paus Fransiskus tiba di Istana Merdeka. Paus datang menumpang mobil yang sama saat mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Selasa (3/9/2024), yaitu Toyota Kijang Innova Zenix. Dia duduk di depan berdampingan dengan pengemudi.

Baca Juga

Presiden Jokowi menantikan menantikan kedatangan Kepala Negara Vatikan itu yang dituntun menggunakan kursi roda. Paus dan Presiden Jokowi, Presiden terpilih Prabowo Subianto, dan sejumlah tokoh lainnya, berdiri memberikan penghormatan.

Usai berdialog, Presiden Jokowi pun mengeluarkan pernyataan terkait pertemuannya dengan Paus. Pada awal pernyataannya, Jokowi menyapa semua tokoh yang hadir dan menyinggung perjalanan Paus menuju Indonesia.