Senin 16 Sep 2024 08:34 WIB

Rudal Hipersonik Tembus Tel Aviv, Houthi: Selanjutnya akan Lebih Dahsyat

Peluncuran rudal ke Israel bertepatan dengan perayaan Maulid Nabi.

Red: Fitriyan Zamzami
Seorang pendukung Houthi saat melakukan protes terhadap AS dan Israel serta mendukung Palestina, di Sanaa beberapa waktu lalu.
Foto: EPA-EFE/YAHYA ARHAB
Seorang pendukung Houthi saat melakukan protes terhadap AS dan Israel serta mendukung Palestina, di Sanaa beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, SANAA – Pemimpin gerakan Ansarullah dari kelompok Houthi di Yaman, Sayyed Abdul-Malik al-Houthi menjanjikan serangan yang lebih hebat di masa datang. Hal ini ia nyaakan setelah operasi hari ini yang dilakukan dengan rudal berteknologi hipersonik berhasil melewati seluruh sistem pertahanan Israel, meski menempuh jarak sekitar 2.040 km.

Ketika berpidato di depan jutaan orang yang memeringati kelahiran Nabi Muhammad SAW, Sayyed al-Houthi menegaskan bahwa operasi tersebut dilakukan oleh pasukan rudal Yaman dengan menggunakan rudal canggih buatan dalam negeri, dan menegaskan bahwa "itu adalah bagian dari demonstrasi tahap kelima eskalasi [melawan Israel]."

Baca Juga

Dengan ini, pemimpin Yaman mengesampingkan operasi tersebut sebagai respons yang telah diantisipasi “Israel” selama dua bulan terakhir untuk membalas agresi Israel di Hodeidah. “Yang mendatang akan jauh lebih besar, Insya Allah,” janjinya dikutip Almayadeen, kemarin.

Ia meyakinkan bahwa pasukan Yaman akan melanjutkan pertempuran mereka di laut melawan kapal-kapal yang terkait dengan musuh-musuh Israel, Amerika, dan Inggris, “melakukan operasi yang sukses dan sangat efektif.”