Rabu 09 Oct 2024 19:00 WIB

Warga Amerika Desak Biden Hentikan Perang Israel di Gaza

Israel harus bertanggung jawab terhadap warga tewas di Gaza.

Red: Erdy Nasrul
Tentara Israel bergerak dengan kendaraan pengangkut personel lapis baja (APC) di dekat perbatasan Israel-Gaza saat asap membubung ke langit di Jalur Gaza, Ahad, 21 Januari 2024.
Foto:

Meskipun ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan gencatan senjata segera, Israel tetap melanjutkan serangan brutal di Jalur Gaza setelah serangan oleh kelompok Palestina, Hamas, pada 7 Oktober lalu.

Selama setahun sejak itu, hampir 42.000 orang tewas, kebanyakan adalah wanita dan anak-anak, dan lebih dari 97.300 lainnya terluka, menurut otoritas kesehatan setempat.

Serangan Israel ini telah membuat hampir seluruh penduduk wilayah tersebut mengungsi, memperparah kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan akibat blokade yang terus berlanjut.

Israel juga menghadapi gugatan genosida di Mahkamah Internasional atas tindakannya di Gaza.

Meskipun organisasi internasional, termasuk PBB, serta negara-negara di kawasan tersebut mendesak gencatan senjata di Gaza, konflik ini telah memicu ketegangan regional yang meningkat di seluruh Timur Tengah, dengan eskalasi terbaru terjadi ketika Israel menyerang Lebanon. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement