Jumat 11 Oct 2024 20:04 WIB

Prabowo Ungkap Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Menterinya Sudah Berjalan Sejak Lama

Prabowo disebut-sebut akan memiliki lebih dari 40 kementerian.

Presiden terpilih 2024 Prabowo Subianto saat menerima kunjungan para elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Rumah Kertanegara, Jakarta Selatan (Jaksel), Jumat (11/10/2024).
Foto: Republika
Presiden terpilih 2024 Prabowo Subianto saat menerima kunjungan para elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Rumah Kertanegara, Jakarta Selatan (Jaksel), Jumat (11/10/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Terpilih Prabowo Subianto mengatakan bahwa proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap calon menteri untuk pemerintahannya mendatang sudah berjalan lama. Dalam kabinetnya nanti, Prabowo disebut-sebut akan memiliki lebih dari 40 kementerian.

"Sebenarnya prosesnya sudah berjalan lama. Pimpinan-pimpinan partai koalisi mengajukan nama-nama yang akan kami pelajari," kata Prabowo ketika ditemui di kediaman pribadinya Jalan Kertanegara, Jakarta, Jumat (11/10/2024).

Baca Juga

Selain memantau, Prabowo juga telah sering mendiskusikan kapabilitas nama-nama calon menteri yang diusulkan bersama timnya. Ia mengatakan dari nama-nama calon menteri yang telah diterima, ada banyak sosok yang dikenal memiliki kapabilitas lebih.

"Saya harus akui, yang diajukan banyak sekali yang sangat bagus, sangat kapabel, dan juga sebagian (nama) sudah lama kita pantau," ucapnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa tim dari Prabowo Subianto sedang memproses nama-nama yang akan masuk jajaran kabinetnya. Nantinya, kata Dasco, akan ada semacam uji kelayakan dan kepatutan terhadap nama-nama tersebut.

"Yang pertama tentunya diminta biodata, kemudian profiling, lalu finalisasi. Nanti akan ada fit and proper test. Walaupun sudah dilakukan oleh tim, tetapi akan langsung oleh Pak Prabowo untuk dilakukan sesi tatap muka, untuk kemudian dalam tahap finalisasi," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement