Selasa 22 Oct 2024 21:31 WIB

7 Kebinasaan yang Ditakuti Netanyahu dan Kroninya Ini akan Menimpa Israel Selamanya

Perang telah membawa dampak besar terhadap Israel

Layanan darurat Israel memindahkan seorang tersangka pria bersenjata yang terluka dengan tandu di lokasi insiden penembakan di Tel Aviv, Israel, Selasa (1/10/2024). Sedikitnya delapan orang tewas dan sembilan lainnya terluka dalam insiden penembakan di Sderot Yerushalim di Tel Aviv.
Foto: EPA-EFE/ABIR SULTAN
Layanan darurat Israel memindahkan seorang tersangka pria bersenjata yang terluka dengan tandu di lokasi insiden penembakan di Tel Aviv, Israel, Selasa (1/10/2024). Sedikitnya delapan orang tewas dan sembilan lainnya terluka dalam insiden penembakan di Sderot Yerushalim di Tel Aviv.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Agresi Israel yang dipimpin oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu terus berlanjut selama lebih dari satu tahun di Jalur Gaza dan kemudian di Lebanon selatan, dan “Raja Israel” masih belum dapat mencapai tujuannya dengan mendeklarasikan “kemenangan mutlak” atas Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) atau Hizbullah.

Terlepas dari “euforia kekuasaan dan kesombongan” yang dialami Netanyahu - terutama setelah tentara pendudukan melakukan beberapa serangan besar dan kualitatif terhadap perlawanan dan dukungan rakyat, seperti membunuh para pemimpin dan mencapai keberhasilan keamanan - obsesi akan kegagalan masih menghantuinya dan mendominasi dirinya ketika ia menghadapi fakta-fakta di lapangan yang membuatnya kembali ke titik awal setiap saat.

Baca Juga

Mengingat pembantaian, pembunuhan, dan penghancuran sistematis yang dilakukan oleh tentara pendudukan dalam pelaksanaan keputusan-keputusan tingkat politik di Israel, muncul pertanyaan-pertanyaan tentang realitas pencapaian lapangan yang dibuat oleh perlawanan, yang merupakan duri dalam daging bagi Netanyahu yang membuatnya khawatir dan merusak euforianya.

Terlepas dari kerugian kebijakan luar negeri yang terkait dengan menempatkan Israel di peta internasional dan menyeretnya ke Mahkamah Pidana Internasional dan Mahkamah Internasional, kita dapat berbicara tentang tujuh file di mana perlawanan telah mencapai pencapaian yang masih secara langsung mempengaruhi Netanyahu sebagai pribadi, serta staf pemerintahannya, tentaranya, dan publik Israel.

Perlawanan adalah duri di sisi Netanyahu, mengganggunya dan merusak euforia meskipun ada pembantaian dan penghancuran (situs komunikasi)

Pertama, biaya tragis yang tinggi

Sejak awal perang, para analis Israel tidak berhenti berbicara tentang besarnya jumlah korban jiwa di kalangan masyarakat dan militer Israel, yang diperkirakan mencapai ribuan orang tewas dan terluka, seperti yang dilaporkan oleh Yediot Aharonot, sekitar seribu tentara bergabung dengan departemen rehabilitasi di Kementerian Pertahanan setiap bulannya.

Laporan-laporan media berbicara mengenai suasana pesimisme yang mendominasi kancah politik dan sosial, di tengah-tengah kekhawatiran bahwa Netanyahu “menyeret Israel ke dalam hal yang tidak diketahui” di saat Israel sedang menghadapi serangan-serangan dari para pejuang di Gaza, Iran, Hizbullah, Houthi di Yaman, dan faksi-faksi Perlawanan Islam di Irak.

Terlepas dari pembungkaman media yang diberlakukan oleh tentara penjajah terhadap rincian cedera dan kerugian yang dicatat setiap hari, apa yang dilaporkan di media saja sudah cukup untuk membuat para pemimpin politik dan militer khawatir.

“Lebih dari setahun setelah serangan Badai Al-Aqsa, perasaan frustrasi dan kekecewaan masih mendominasi sebagian besar warga Israel,” ujar analis politik Israel, Shalom Lipner, dalam sebuah analisis yang diterbitkan oleh majalah Amerika, National Interest.

BACA JUGA: Dampak Fatal Serangan Rudal Iran ke Israel Terbongkar, Total Kerugiannya Fantastis 

Selain korban jiwa, sekitar seribu tentara Israel bergabung dengan departemen rehabilitasi setiap bulannya (Anadolu).

Kedua, Haifa seperti Kiryat Shmona

Serangan roket Hizbullah ke dalam wilayah Israel telah menetapkan arah baru dalam konflik ini, dengan slogan kelompok ini “Kami akan menjadikan Haifa seperti Kiryat Shmona dan Metulla”.

Kepanikan terjadi di kalangan Israel menyusul penargetan rumah Netanyahu, karena Kantor Perdana Menteri Israel mengkonfirmasi bahwa sebuah pesawat tak berawak yang diluncurkan dari Lebanon secara langsung menghantam rumah Netanyahu di Caesarea, sebelah selatan Haifa.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement