Sabtu 14 Nov 2015 10:53 WIB

Tiga Cara Pintar Mengolah Air Garam agar Lebih Bermanfaat

Red: Dwi Murdaningsih
Air minum
Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Sejumlah petani garam mengeruk garam saat panen raya di Desa Kaliwlingi, Brebes, Jawa Tengah, Selasa (10/11).

2. Membran untuk menyaring garam

Tim peneliti di Universitas Alexandria di Mesir menemukan satu teknik yang bisa menghilangkan garam dari air laut. Teknik desalinasi yang disebut pervaporasi ini mampu mengolah air laut menjadi air yang layak minum. Tak butuh waktu lama, teknik ini bisa mengubah air laut menjadi air minum dalam hitungan menit.

Dilansir dari laman ScienceAlert, penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Water, Science dan Technology ini menggunakan teknik membran sintetik yang bisa digunakan untuk menyaring partikel garam besar dan kotoran, lalu kemudian menguapkannya. Dari teknik ini, bisa dihasilkan air bersih yang layak minum.

Membran ini dapat dibuat di laboratorium menggunakan bahan murah yang tersedia secara lokal. Teknik ini juga tidak memerlukan listrik. Artinya, teknik ini bisa digunakan di daerah yang belum terjangkau listrik. Nantinya, teknologi ini tidak hanya digunakan untuk memurnikan air laut tapi juga mampu menghilangkan limbah.

Teknologi yang baru ditemukan ini diharapkan bisa berdampak besar pada kehidupan sekitar 750 juta orang di seluruh dunia. Mereka tidak memiliki akses terhadap air minum bersih. Kekurangan air menyebabkan kematian lebih dari  840.000 kematian setiap tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement