Sabtu 18 Dec 2021 21:51 WIB

Omicron Dorong Setengah Populasi Dewasa Inggris Terima Booster

Percepatan program booster dilakukan Inggris di tengah lonjakan kasus Covid.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
 Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan separuh populasi dewasa di Inggris sudah menerima booster sebagai upaya perlindungan dari Omicron.
Foto: AP/Adrian Dennis/AFP Pool
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan separuh populasi dewasa di Inggris sudah menerima booster sebagai upaya perlindungan dari Omicron.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Setengah dari populasi orang dewasa di Inggris telah mendapatkan vaksin booster Covid-19. Kabar tersebut disampaikan oleh Perdana Menteri Inggris Boris Johnson via media sosial Twitter.

"Kemarin menjadi hari rekor untuk vaksinasi, dengan total 936.480 orang. Itu berarti 50 persen orang dewasa sekarang telah menerima dosis booster," tulis Johnson di akun Twitter @BorisJohnson, Sabtu (18/12).

Baca Juga

Rekor terjadi setelah percepatan program vaksin booster di tengah lonjakan kasus Covid-19. Pemerintah Inggris membuka pemesanan via daring serta sesi vaksinasi walk-in untuk semua orang dewasa.

Setengah populasi artinya sebanyak 26,3 juta warga Inggris berusia 18 tahun ke atas. Johnson mengatakan, pemerintah bersama Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) bekerja keras menjalankan program booster.

Sementara, pada Kamis (16/12), terdapat 861.306 warga Inggris yang mendapat vaksin booster. Langkah itu dinilai tepat, mengingat varian Omicron terus menyebar ke seluruh Inggris dan Skotlandia, menggantikan Delta.

Kasus Covid-19 yang dikonfirmasi dari varian Omicron berlipat ganda setiap 1,5 hari di separuh wilayah Inggris. Pada Jumat (17/12), Inggris melaporkan 93.045 infeksi baru, total harian tertinggi sejak awal pandemi, dikutip dari laman inews.co.uk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement