Ahad 27 Feb 2022 15:49 WIB

Wawancara Putin: Kakek Saya Juru Masak Lenin dan Stalin

Ayah Putin menghabiskan sebagaian besar waktunya di medan perang dunia II.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ilham Tirta
 Presiden Rusia Vladimir Putin.
Foto: AP/Mikhail Metzel/Pool Sputnik Kremlin
Presiden Rusia Vladimir Putin.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Rusia Vladimir Putin memperlihatkan sisi kehidupan pribadi keluarganya melalui wawancara dengan NYTimes. Dia mengaku lebih banyak mengetahui kehidupan keluarga ayahnya daripada keluarga ibunya.

Dalam wawancara itu, Putin mengungkap siapa ayahnya Vladimir Spiridonovich Putin dan juga kakeknya, Spiridon Putin. Berikut adalah petikan wawancanya yang diterbitkan NYTimes:

Baca Juga

Apa pendapat Anda tentang ayah?

"Ayah saya lahir di St Petersburg dan bekerja sebagai juru masak. Mereka adalah keluarga yang sangat biasa. Seorang juru masak, bagaimanapun, adalah seorang juru masak. Tetapi rupanya kakek saya memasak dengan cukup baik, karena setelah Perang Dunia I, ia ditawari pekerjaan di distrik The Hills di pinggiran Moskow, tempat Lenin dan seluruh keluarga Ulyanov tinggal. Ketika Lenin meninggal, kakek saya dipindahkan ke salah satu dacha Stalin. Dia sudah lama bekerja di sana."

Dia bukan korban pembersihan?

"Tidak, untuk beberapa alasan mereka membiarkannya. Beberapa orang yang menghabiskan banyak waktu di sekitar Stalin datang tanpa cedera, tetapi kakek saya adalah salah satunya. Omong-omong, dia hidup lebih lama dari Stalin, dan di masa pensiunnya kemudian, dia menjadi juru masak di sanitorium Komite Partai Kota Moskow di Ilinskoye."

Apakah orang tuamu banyak bicara tentang kakekmu?

Saya sendiri memiliki ingatan yang jelas tentang Ilinskoye, karena saya biasa datang berkunjung. Kakek saya cukup diam tentang kehidupan masa lalunya. Orang tuaku juga tidak banyak bicara tentang masa lalu. Orang umumnya tidak, saat itu. Namun ketika kerabat akan datang berkunjung, akan ada obrolan panjang di sekitar meja, dan saya akan menangkap beberapa potongan, beberapa penggalan percakapan. Hanya saja orang tua saya tidak pernah memberi tahu saya apa pun tentang diri mereka sendiri. Terutama ayahku. Dia adalah pria yang pendiam.

Saya tahu ayah saya lahir di St Petersburg pada 1911. Setelah Perang Dunia I pecah, kehidupan di kota sulit. Orang-orang kelaparan. Seluruh keluarga pindah ke rumah nenek saya di desa Pominovo, di wilayah Tver. Omong-omong, rumahnya masih berdiri sampai sekarang, anggota keluarga masih menghabiskan liburan mereka di sana. Di Pominovo ayah saya bertemu ibu saya. Mereka berdua berusia 17 tahun ketika mereka menikah.

Mengapa menikah muda? Apakah mereka punya alasan?

Tidak, tampaknya tidak. Apakah Anda perlu alasan untuk menikah? Alasan utamanya adalah cinta. Dan ayahku akan segera menjadi tentara. Mungkin mereka masing-masing menginginkan semacam jaminan.... Entahlah.

Dalam wawancara ini, keterangan  guru sekolah Putin dari kelas 4 hingga 8 di Sekolah No 193, Vera Dmitrievna Gurevich memberi gambaran tentang orang tua muridnya itu. Dia menyebut Putin dengan sebutan Volodya.

Bagaimana orang tua Putin?

 

Orang tua Volodya memiliki kehidupan yang sangat sulit. Bisakah Anda bayangkan betapa beraninya ibunya melahirkan di usia 41 tahun? Ayah Volodya pernah berkata kepada saya, 'Salah satu putra kami akan seusiamu.' Saya berasumsi mereka pasti kehilangan anak lagi selama perang, tetapi tidak merasa nyaman menanyakannya.

Pada 1932, orang tua Putin datang ke Peter (St Petersburg). Mereka tinggal di pinggiran kota, di Peterhof. Ibunya pergi bekerja di sebuah pabrik dan ayahnya segera direkrut menjadi tentara, di mana dia bertugas di armada kapal selam. Dalam setahun setelah dia kembali, mereka memiliki dua putra. Satu meninggal beberapa bulan setelah lahir.

 

Ternyata, saat perang pecah, ayahmu langsung maju ke depan. Dia adalah seorang awak kapal selam yang baru saja menyelesaikan masa tugasnya ... Ya, dia pergi ke depan sebagai sukarelawan."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement