Senin 21 Nov 2022 11:15 WIB

Jokowi Cek Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Malang Jiwan Colomadu

Jokowi menemukan adanya kenaikan harga minyak goreng dan tempe.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Friska Yolandha
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecek kondisi harga kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Malang Jiwan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (21/11/2022).
Foto: Republika/ M. Fauzi Ridwan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecek kondisi harga kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Malang Jiwan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (21/11/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecek kondisi harga kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Malang Jiwan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (21/11/2022). Kunjungannya ini dilakukan untuk mengetahui kondisi harga barang terkini menjelang akhir tahun.

“Ini kan akhir tahun, kita ngecek harga-harga barang di pasar, karena kondisi setiap provinsi juga berbeda-beda,” ujar Jokowi dalam keterangannya usai peninjauan yang disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Baca Juga

Jokowi mengatakan, kunjungannya ke berbagai pasar di daerah merupakan kegiatan rutin yang dilakukannya untuk mengecek harga barang kebutuhan. Pada Kamis (17/11/2022) lalu, Jokowi juga sempat mengunjungi pasar di Bali. Ia menilai, terdapat perbedaan harga komoditas di berbagai provinsi.

“Kemarin saya ngecek di Bali ternyata berbeda dengan yang ada di provinsi yang lain, ini kita cek di Provinsi Jawa Tengah,” ungkap Jokowi.

Beberapa harga komoditas kebutuhan pokok yang berbeda yakni minyak goreng dan tempe yang saat ini diketahui sedang mengalami kenaikan. Kenaikan harga tempe tersebut, kata dia, disebabkan karena harga kedelai yang juga naik yakni mencapai Rp 15 ribu.

Jokowi pun menginstruksikan jajarannya agar segera mencari solusi untuk mengatasi kenaikan harga yang terjadi di pasar.

“Ya itu harga di lapangan yang kita temukan dan nanti akan dicarikan solusinya,” kata dia.

Selain mengecek berbagai harga kebutuhan pokok, Jokowi juga membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan sembako kepada para pedagang pasar. Turut mendampingi Jokowi saat melakukan peninjauan yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement