Kamis 27 Oct 2022 05:00 WIB

Kabar Baik, Diet DASH Bukan Cuma Efektif Kelola Hipetensi, Bisa Turunkan Kolesterol Juga

Diet DASH dapat menurunkan kadar kolesterol total secara signifikan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Mengonsumsi junk food (ilustrasi). Diet rendah sodium dan tinggi akan kalium, kalsium, dan magnesium dapat membantu menurunkan hipertensi dan kolesterol.
Foto:

Studi berbeda dalam The American Journal of Clinical Nutrition juga menemukan hal serupa. Studi yang melibatkan 36 orang partisipan ini menemukan bahwa diet DASH bisa menurunkan kadar kolesterol LDL. Kolesterol LDL dijuluki sebagai kolesterol jahat karena bisa memicu penumpukan plak di pembuluh darah sekaligus meningkatkan risiko penyakit jantung.

photo
Kolesterol. - (Republika)

Langkah terapkan diet DASH

Diet DASH mengutamakan makanan yang tinggi akan kalium, kalsium, magnesium, serat, dan protein. Oleh karena itu, jenis makanan yang mendominasi diet DASH menurut WebMD adalah sayur, buah, gandum utuh, ikan, unggas, kacang-kacangan, dan makanan olahan susu rendah lemak atau tanpa lemak.

Diet DASH juga membatasi konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan lemak jenuh seperti daging berlemak dan produk olahan susu penuh lemak. Hal lain yang perlu dihindari bila ingin menerapkan diet DASH adalah konsumsi sodium berlebih. Makanan-makanan yang menjadi fokus utama dalam diet DASH secara alami memiliki kandungan sodium yang rendah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement