Senin 17 Jan 2011 05:00 WIB

SBY Belum Pantas Diberi Gelar Raja Batak

Red: Stevy Maradona
Presiden SBY
Presiden SBY

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN-- Massa "Partukkoan Naposo Bangso Batak" berunjuk rasa di Medan, Minggu, menolak rencana penganugerahan gelar Raja Batak bagi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Unjuk rasa sekitar seratusan orang itu dilakukan di dua tempat yakni Bundaran Sudirman yang berdekatan dengan gereja HKBP dan Tugu Pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII.

Koordinator aksi "Partukkoan Naposo Bangso Batak" Edi Barita Malau dalam orasinya mengatakan, rencana penganugerahan gelar itu ditolak karena tidak melibatkan seluruh unsur etnis tersebut.

Kegiatan itu dinilai hanya dimaksudkan untuk kepentingan kelompok tertentu, khususnya untuk kepentingan mantan anggota Dewan Pertimbangan Presiden TB Silalahi.

Edi Barita mengatakan, penolakan itu juga dilakukan karena Presiden Yudhoyono dinilai belum pantas mendapat gelar sebagai Raja Batak yang sangat sakral dan dikagumi.

Ia menjelaskan, seorang Raja Batak merupakan sosok yang sangat bijaksana serta mampu memahami aspirasi dan menyejahterakan kehidupan rakyatnya.

Persyaratan itu dinilai belum dimiliki Presiden Yudhoyono karena masih banyaknya kemiskinan yang dialami rakyat Indonesia."Tidak cocok gelar itu. Rakyat Indonesia saja banyak yang masih miskin," kata Edi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement