Ahad 24 Aug 2014 16:33 WIB

Jokowi Belum Bicarakan Kabinet dengan JK dan Parpol Pendukung

Rep: M Akbar Wijaya/ Red: Erik Purnama Putra
Joko Widodo (Jokowi)
Foto: antara
Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden terpilih ketujuh Jokowi belum memfinalisasi format kabinet pemerintahannya mendatang. Jokowi merasa perlu melakukan pembicaraan dengan berbagai pihak sebelum memutuskan format kabinet.

"Kabinet belum bicara. Dengan partai juga belum bicara. Dengan Pak Jusuf Kalla juga belum bicara," kata Jokowi kepada wartawan di Jakarta, Ahad (24/8).

Jokowi mengaku belum ada kejelasan soal arsitektur kabinet. Dia mengatakan belum ada kepastian apakah kabinetnya akan ramping atau tidak. "Kelembagaan belum jelas. Apa 30, 34, kementeriannya, apa cuma 20," ujarnya.

Tidak ada bocoran dari Jokowi soal bagaimana ia akan memilih menteri nanti. Jokowi hanya mengatakan dirinya memiliki hak prerogatif dalam menentukan menteri. "Yang jelas itu hak prerogatif presiden. Kamu harus ngerti itu," katanya.

Jokowi mengatakan dirinya masih terus mematangkan program-program di pemerintahannya kelak. Menurutnya program-program itu tidak akan berbeda dengan visi misi dan janji kampanye yang telah ia sampaikan.

"Masih dipersiapkan, yang jelas program-program pokok yang sudah saya sampaikan bolak-balik ke masyarakat. Masak saya ulang terus," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement