Senin 28 May 2012 16:45 WIB

Kontes American Idol Semakin Redup

Red: M Irwan Ariefyanto
Juri American Idol yang baru
Juri American Idol yang baru

REPUBLIKA.CO.ID,LOS ANGELES -- Sinar American Idol yang meredup berlanjut pada final musim tayang ke-11 yang disiarkan pekan la lu. Kontes menyanyi yang pertama kali tayang pada 2002 itu ‘hanya meraup’ sebanyak 21,5 juta pemirsa saat pengumuman pemenang. Berdasarkan survei yang di gelar Nielsen Co, angka ini jauh turun dari final musim tayang sebelumnya sebanyak 29,3 juta pemirsa.

Sedangkan angka penonton Idol untuk episode mingguan menyentuh 24 juta pemirsa di 2010. Dari angka ini pemirsa pada umur 18-49 tahun yang menjadi target pemirsa se ba nyak 10,8 juta orang. Pada tahun ini, angka pemirsa pada episode mingguan American Idol tercatat seba nyak 19,2 juta, dari jumlah itu target umur 18-49 tahun tinggal 7,5 juta orang.

Menurut Los Angeles Times, malam final kemarin adalah show yang paling sedikit ditonton pemirsa televisi. Angka penonton show final pada Selasa (22/5) lalu tentunya wajar jika membuat jaringan televisi Fox ketarketir. Acara kontes menyanyi dari jaringan televisi NBC, “The Voice” dan acara dari ABC TV “Duets” bisa jadi memengaruhi jumlah penonton Ame rican Idol. Ironisnya, salah satu pe menang American Idol, Kelly Clarkson terlibat di kontes ‘’Duets’’ ini.

Di samping pemirsa yang jenuh, American Idol juga disebut-sebut terlalu dapat ditebak. Faktor WGWG, White Guy With Guitar juga dinilai membosankan sebagian pemirsa. Bukan kejutan kalau Phillip memenangkan kontes ini. Pria asal Georgia ini memang punya suara bagus dan sangat berbakat. Tak heran jika ia bisa mengambil hati pemirsa Ame rika. Ditambah ia tampan dan jago bermain gitar.