Kamis 25 Oct 2012 02:06 WIB

Ilmuwan Italia Protes Dihukum Karena Gempa 2009

Red: Dewi Mardiani
Suasana gempa bumi pada 13 April 2009 di Kota L'Aquila, Italia.
Foto: reuters.com
Suasana gempa bumi pada 13 April 2009 di Kota L'Aquila, Italia.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Masyarakat ilmuwan Italia menentang putusan pengadilan sehubungan dengan gempa bumi maut 2009 di Kota L'Aquila di bagian tengah negeri itu. Mereka memprotes bahwa putusan itu menimbulkan preseden buruk. Mereka menegaskan, saat ini tak mungkin untuk meramalkan gempa.

Ahli fisika Luciano Maiani mengundurkan diri sebagai presiden komisi peninalaian resiko bencana sebagai protes terhadap putusan yang menjatuhkan hukuman enam tahun penjara atas tujuh ahli yang diangkat pemerintah. Kini ketujuh ahli tersebut dituduh melakukan pembunuhan karena memberi pernyataan terkait gempa.

Maiani mengatakan, ia telah memutuskan untuk meletakkan jabatan bersama beberapa pejabat lain komisi itu. "Karena tak mungkin bagi kami untuk bisa bekerja dengan ketenangan dan memberi konsultasi ilmiah tingkat tinggi pada negara."

Presiden Institut Nasional Geofisika dan Vulkanologi (INGV), Stefano Gresta, sendiri terkejut oleh putusan Senin. "Hal ini dapat mempengaruhi hubungan antara ilmuwan dan pembuat keputusan," katanya seperti dilansir Xinhua, yang dipantau Antara, Rabu (24/10) malam.