Selasa 16 Apr 2013 14:09 WIB

Peserta UN Keluhkan Lembar Jawaban yang Tipis

Rep: Riana Dwi Resky/ Red: Citra Listya Rini
Ujian Nasional tingkat SMA
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Ujian Nasional tingkat SMA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari kedua ujian nasional (UN) tingkat SMA dan sederajat dilaksanakan hari ini, Selasa (16/4). Bagaimana pelaksanaan UN hari kedua?

Republika pun mendatangi SMA Negeri 13 yang berlokasi di Koja, Jakarta Utara. Usai menuntaskan UN hari keduanya, salah satu siswi SMA Negeri 13, bernama Selly Julita pun mengeluhkan lembar jawaban UN yang tipis. 

''Lembar jawaban tipis banget, kalau dihapus langsung terkelupas (hampir bolong)'', kata Selly. Menurut siswi berusia 17 tahun itu lembar jawaban kali ini sangat berbeda saat ia mengikuti UN tingkat SMP. 

Senada dengan Selly, siswi SMA Negeri 13 lainnya, Rosita Apriliani juga mengkhawatirkan lembar jawaban yang tipis itu sobek. Sebab lembarannya memakai barkode dan jika diganti, semua jawaban harus diisi dari awal lagi. 

Mengenai kunci jawaban yang diinformasikan random lewat SMS, salah satu siswa bernama Elma Pratiwi mengakui memang ada informasi mengenai itu, tapi mungkin bualan. 

Siswa XII IPS ini mengaku tak bisa mencoba untuk berbuat curang dalam pelaksanaan UN karena ada pengawasan yang ketat. Pengawas ada dua orang dalam satu kelas. 

Ujian Nasional (UN) akan dilaksanakan hingga Kamis (18/4). Hari kedua jadwal ujian hari ini, untuk kelas IPA adalah Fisika dan Bahasa Inggris sedangkan untuk IPS, Ekonomi dan Bahasa Inggris. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement