REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Bakrie Telecom (BTEL) berhasil membukukan laba usaha Rp 50 miliar pada kuartal I 2013 jauh lebih baik dibanding periode yang sama 2012 mengalami rugi Rp 170 miliar.
"Ini merupakan titik balik setelah selama 2 tahun Bakrie Telecom mengalami rugi usaha," kata Chief Executive Officer Bakrie Telecom Jastiro Abi di Jakarta, Selasa.
Perusahaan, tambahnya, juga membukukan kenaikan 11 persen pendapatan usaha bersih dari Rp527 miliar pada kuartal I 2012 menjadi sebesar Rp582 miliar pada kuartal I 2013.
Sementara beban usaha perseroan menunjukkan penurunan sebanyak 24 persen dari Rp697 miliar pada kuartal I 2012, menjadi Rp532 miliar, ungkap dia.
Hal ini menyebabkan peningkatan pada EBITDA dari Rp191 miliar menjadi Rp277 miliar atau naik 45 persen. Total hutang Bakrie Telecom berkurang sebesar Rp643 miliar dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Dengan demikian kerugian bersih Bakrie Telecom turun 73 persen menjadi Rp97 miliar pada kuartal I tahun 2013.
Menurut Jastiro Abi, kinerja Bakrie Telecom yang membaik sejalan dengan usaha revitalisasi perusahaan? dalam hal penyehatan dan penguatan keuangan perusahaan.
"Perusahaan terus melakukan perbaikan dalam hal pelayanan kepada pelanggan melalui program-program yang fokus untuk berinovasi pada pelayanan terhadap pelanggan Esia, serta melakukan penghematan biaya operasional atau operating expenses yang cukup signifikan," katanya.
Dia berharap kinerja yang baik di kuartal kesatu ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan di masa-masa mendatang.
Inovasi produk yang fokus pada kebutuhan pelanggan antara lain dilakukan perusahaan dengan meluncurkan tiga (tiga) varian starter pack pada bulan Februari lalu.
Bakrie Telecom akan tetap konsisten pada strategi perseroan yakni penyehatan dan penguatan keuangan perusahaan, penguatan organisasi, budaya perusahaan dan governance, ke inti kekuatan perusahaan, One Brand, One Price (Esia) , mendorong pertumbuhan revenue dari data, serta meningkatkan kualitas produk dan layanan pelanggan.
Jastiro Abi juga menyatakan terima kasih kepada pelanggan dan mitra usaha yang terus menggunakan layanan dan mendukung upaya korporasi untuk terus memberikan yang terbaik.
"Kami sadar banyak penyempurnaan yang perlu dilakukan korporasi. Dengan dukungan pelanggan dan mitra usaha, kami yakin BTEL dapat mencapai perkembangan yang lebih baik dari saat ini," ujarnya.