Sabtu 14 Sep 2013 12:34 WIB

Menjelang Siang, TPS Bogor Kian Ramai

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Pilkada (ilustrasi)
Foto: IST
Pilkada (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--Tempat-tempat pemungutan suara untuk pemilihan wali kota Bogor, Sabtu (14/9), menjelang siang makin ramai didatangi warga yang akan menyalurkan hak suaranya. Seperti terlihat di TPS 03 Kelurahan Meteng, Kecamatan Bogor Barat, hingga pukul 10.13 WIB sebanyak 185 dari 414 pemilih telah menyalurkan hak pilihnya dengan mendatangi TPS setempat.

"Pagi tadi memang sempat sepi, yang datang masih sedikit. Tapi siang ini sudah mulai ramai yang datang nyoblos," kata Endah Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 03 saat ditemui, Sabtu.

Endah menyebutkan, di tepatnya terdapat 414 pemilih yang tercatat dalam DPT. Namun, ada pengurangan sebanyak empat pemilih dimana dua orang pemilih masih di bawah umur dan dua pemilih lainnya meninggal dunia.

Menurut Endah, dilihat dari jumlah warga yang datang ke TPS, jumlah partisipasi pemilih lebih banyak dibanding pada pemilihan gubernur Jawa Barat Februari lalu.

Ia menyebutkan, pada Pilgub lalu dari 400 lebih pemilih, yang hadir memberikan suara hanya 300 orang.

"Kami optimis pilkada Kota Bogor ini banyak yang berpartisipasi," ujarnya. Salah satu pemilih Sofyan (62) yang datang bersama adiknya Yoyoh (60) terlihat antusias untuk datang ke TPS meski kondisinya yang harus dipapah karena terkena stroke.

Meski memiliki keterbatasan diri, tapi Sofyan tetap datang menyalurkan hak pilihnya ke TPS. Petugas yang berjaga juga membantu pria tua tersebut untuk berjalan menuju bilik suara. "Ini kan tanggung jawab kita, pemimpin itu kita yang memilih, jadi sudah seharusnya kita ikut memilih," kata pria tua itu.

Menurut Yoyoh, ia dan kakaknya tidak memiliki hambatan untuk menyalurkan hak pilihnya. Pada pemilihan gubernur lalu dan pemilihan sebelum-sebelumnya mereka selalu datang ke TPS untuk menyalurkan suaranya. "Ya kan hari ini nyoblos, kita harus datang ke TPS buat memilih wali kota," kata Yoyoh yang juga memiliki keterbatasan gerak karena kakinya yang tidak sempurna.

Meski memiliki keterbatasan dalam beraktivitas, ke dua kakak beradik ini antusias datang ke TPS, mereka berdua berjalan kaki dengan santainya dari rumah menuju TPS yang berada di SMAN 5 Jalan Manunggal. "Sehari sebelum memilih kita pernah nawarkan mau dibantu untuk dipapah biar pak Sofyan bisa memilih. Tapi beliau tidak bersedia, dan menyatakan siap datang untuk memilih," kata salah satu tetangganya.

Pemilih Kota Bogor berjumlah 673.832 orang yang menyalurkan hak pilihnya di 1.814 TPS di 68 kelurahan, enam kecamatan. Mereka akan memilih satu dari lima pasangan calon wali kota dan wakil wali kota.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement