Selasa 17 Nov 2015 15:26 WIB

Polemik Freeport Bak Bola Panas, Sudirman Mengaku tak Takut

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Nur Aini
 Menteri ESDM , Sudirman Said
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Menteri ESDM , Sudirman Said

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengaku tidak takut setelah melaporkan seorang pimpinan DPR ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Tak lama setelah laporan itu, Setya Novanto yang disebut sebagai pihak terlapor langsung bermanuver dengan bertemu Jusuf Kalla. Novanto membantah tudingan pencatutan nama Presiden Jokowi untuk meminta jatah saham Freeport.

Tak hanya itu, sejumlah awak media termasuk Republika.co.id, mendapat surat elektronik gelap yang melampirkan transkrip percakapan yang diduga dilakukan oleh SN (Setya Novanto), Ms (Maroef Sjamsoeddin, Presiden Direktur Freeport), dan seorang pengusaha berinisial R. Dalam percakapan tersebut, ada sosok lain yang disebut yakni Luhut Binsar Pandjaitan yang saat ini menjabat sebagai Menkopolhukam. 

Menanggapi polemik yang semakin kencang bergulir, Sudirman mengaku tak takut dengan segala konsekuensinya. Sudirman juga membantah apabila semua serangan yang dia lakukan ini memiliki motif politik tertentu.

"Tapi ini memang konsekuensi dari era keterbukaan.  Kita tak bisa sembunyikan hak hal publik. Dan menjadi suatu keniscayaan publik akan berpihak pada perbaikan," ujar Sudirman kepada Republika.co.id, Selasa (17/11).