Sabtu 26 Dec 2015 02:02 WIB

Tokoh-Tokoh Dunia Pembenci Islam 2015

Red: Didi Purwadi
Aksi Islamophobia (ilustrasi)
Foto:
Biksu Ashin Wirathu.

YANGON -- Nama Ashin Wirathu mendadak populer lagi setelah muncul ribuan pengungsi etnis Rohingya di Aceh. Biksu radikal tersebut selama ini disebut menjadi otak pengusiran dan pembersihan etnis Rohingya dari Myanmar.

Majalah Time sampai menjulukinya sebagai Buddha Bin Laden. Sikapnya yang keras terlihat dari berbagai pernyataannya yang terus menyerang kaum Muslim Rohingya yang menjadi minoritas di Myanmar.

Wirathu terus menunjukkan sikap anti-Muslim. Dalam wawancara dengan Los Angeles Times yang diterbitkan Ahad (24/5), Ashin Wirathu mengatakan, ia telah membaca isi Alquran. "Terus terang, saya tidak menemukan sesuatu yang saya suka," ujarnya.

Bahkan, Ashin Wirathu berkeyakinan bahwa kaum Muslims punya sebuah master plan untuk mengubah Myanmar, negeri mayoritas pemeluk Buddha menjadi penganut Islam, sebagaimana laporan Carbonated TV.

The Washington Post juga menyorot sepak terjang Ashin yang disebut sebagai pemimpin dalam pergerakan pembantaian Rohingya.

"Kamu bisa saja penuh cinta dan kebaikan, tapi kamu tidak akan bisa tidur tenang di sebelah anjing gila!" papar Ashin. Anjing gila yang dimaksud Ashin tak lain merujuk pada etnis Muslim Rohingya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement