Sabtu 26 Dec 2015 02:02 WIB

Tokoh-Tokoh Dunia Pembenci Islam 2015

Red: Didi Purwadi
Aksi Islamophobia (ilustrasi)
Foto:
Kathrin Oertel

BERLIN -- Mantan pendiri PEGIDA, Kathrin Oertel, menyatakan penyesalannya atas sikap kebencian yang pernah ditunjukkannya terhadap Islam. Perempuan itu juga menyampaikan permintaan maafnya secara terbuka kepada seluruh kaum Muslimin.

Pernyataan maaf itu diutarakan Oertel lewat video yang ia unggah di laman Facebook miliknya. Di situ, ia mengatakan menarik kembali semua ucapannya yang menyakiti perasaan kaum Muslimin di masa lalu.

“Saya ikut bertanggung jawab atas kampanye kebencian (terhadap Islam) yang membuat hati kaum Muslimin terluka. Untuk itu, saya benar-benar meminta maaf,” ujar Oertel dalam video tersebut, seperti dilansir Huffington Post, Rabu (6/5).

Dalam rekaman itu, Oertel tampak sedang berada di dalam mobilnya ketika menyampaikan permintaan maafnya. Wajahnya berbalut makeup, sedangkan tubuhnya mengenakan sweater berwarna putih.

Kathrin Oertel merupakan salah satu tokoh pendiri PEGIDA, sebuah gerakan anti-Islam yang pertama kali muncul di Jerman.

Gerakan berhasil mendorong ribuan orang Jerman turun ke jalan-jalan untuk menentang arus imigrasi dan ‘Islamisasi’ di Eropa. Tidak hanya itu, PEGIDA juga membawa xenophobia kembali menjadi isu utama di Jerman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement