Jumat 12 Aug 2016 03:00 WIB

Bawaslu DIY Jaring Relawan Awasi Plkada 2017

Rep: Yulianingsih/ Red: Bayu Hermawan
Pilkada (ilustrasi)
Foto: berita8.com
Pilkada (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Meski pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017 di DI Yogyakarta (DIY) hanya dilakukan di Kulonprogo dan Kota Yogyakarta, namun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DIY tetap menjaring relawan untuk ikut mengawasi pelaksanaan Plkada di dua kabupaten/kota tersebut.

Ketua Bawaslu DI Yogyakarta, Mohammad Nadjib mengatakan keterlibatan masyarakat sebagai relawan pengawas memang sangat dibutuhkan. "Ini penting, bukan hanya untuk mengawasi dugaan politik uang, melainkan berbagai jenis pelanggaran Pemilu lainnya," katanya.

Menurutnya, keterbatasan kapasitas Panwas di tingkat kabupaten dan kota membutuhkan bentuk dukungan nyata dari masyarakat. Karena itulah pihaknya melakukan penjaringan sukarelawan dalam pengawasan Pilkada kali ini. Relawan ini djaring dari perguruan tinggi hingga organisasi masyarakat.

"Untuk pilkada 2017 baru tergabung 84 orang relawan. Memang belum cukup banyak, tapi mereka adalah simpul organisasi yang harapan kami bisa merekrut masing-masing anggota di lembaganya," jelasnya.