Senin 29 Aug 2016 20:41 WIB

Kemenkes Waspadai Penularan Zika dari Singapura

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Yudha Manggala P Putra
Autogate bandara (ilustrasi)
Foto: imigrasi.go.id
Autogate bandara (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohamad Subuh mewaspadai penularan Zika dari Singapura dengan membagikan ribuan kartu siaga sehat (health alert card) bagi WNI yang menempuh perjalanan dari Singapura. Ia pun mengimbau petugas kesehatan terus memantau potensi penularan pada WNI dari Negeri Singa tersebut.

"Kami sejak Senin (29/8) pagi telah memberikan imbauan meningkatkan kewaspadaan kepada semua petugas kesehatan di sarana kesehatan yang berada di pintu masuk Singapura-Indonesia. Mereka kami minta memantau kemungkinan adanya penularan virus Zika lewat WNI yang baru saja pulang dari Singapura," ujar Subuh kepada wartawan di Gedung Kemenkes, Jakarta, Senin (29/8).

Kewaspadaan ini, lanjut dia, berdasarkan pertimbangan tingginya mobilitas warga Indonesia ke Singapura setiap harinya. Menurutnya, ada ribuan WNI yang pergi dan datang dari Singapura dalam satu hari.

Subuh menegaskan, Zika merupakan penyakit menular yang secara internasional diwaspadai persebarannya. Karena itu, Kemenkes menempuh cara pencegahan dini dengan rencana pembagian kartu siaga kesehatan.