Ahad 16 Apr 2017 20:34 WIB

Bambu Meksiko Ditanam di Hulu Sungai Cikapundung

Rep: Arie Lukihardianti / Red: Irfan Fitrat
Bambu. Ilustrasi.
Foto: Reuters
Bambu. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Sejumlah elemen menggagas kegiatan penanaman pohon di kawasan hulu Sungai Cikapundung, Dago, Kota Bandung, akhir pekan lalu. Tanaman yang dipilih jenis bambu.

Ada seribu pohon bambu ditanam dalam kegiatan yang diselenggarakan Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia, dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat itu. Kegiatan ini juga diikuti perwakilan sejumlah perbankan di Jawa Barat. Menurut Ketua Perbanas Jawa Barat Rudy Kurniawan, penanaman seribu pohon bambu ini ditujukan sebagai upaya turut menjaga kelestarian alam di hulu Sungai Cikapundung. 

Rudy menyebut, keberadaan pohon bambu ini dapat mencegah terjadinya erosi dan menjaga daerah resapan air. “Selain untuk suplai oksigen, juga untuk mencegah erosi,” kata Rudy.

Dalam jangka panjang, Rudy mengatakan, keberadaan pohon bambu itu juga dapat mendukung aktivitas ekonomi industri kerajinan. Ia menjelaskan, bambu yang ditanam di kawasan hulu Sungai Cikapundung itu berbeda dengan jenis yang ada di Indonesia. Bambu yang dipilih berasal dari Meksiko. “Bambu ini tidak memiliki rongga kosong pada batangnya, sehingga sangat padat dan kuat laiknya kayu yang bernilai ekonomi lebih tinggi,” ujar dia.