Sabtu 21 Oct 2017 09:45 WIB

Pelayanan KTP-El di TMII tak Pernah Dijanji Selesai Sehari

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Andi Nur Aminah
Sejumlah warga mengantre untuk melakukan pendaftaran perekaman data KTP Elektronik di stan Dinas Dukcapil DKI Jakarta saat acara Nusantara Expo dan Forum 2017, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Jumat (20/10).
Foto: Mahmud Muhyidin
Sejumlah warga mengantre untuk melakukan pendaftaran perekaman data KTP Elektronik di stan Dinas Dukcapil DKI Jakarta saat acara Nusantara Expo dan Forum 2017, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Jumat (20/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, I Gede Suratha membantah mengenai informasi layanan KTP-elektronik (ktp-el) yang diadakan di Pelantaran Parkir Teater Imax Keong Mas TMII selesai dalam satu hari. Ia mengatakan pihaknya tidak pernah menjanjikan bahwa layanan KTP-el dapat selesai dalam satu hari, setelah semua berkas yang diserahkan warga lengkap.

"Kita tidak menyalahkan siapa yang menyebarkan (informasi) itu, tapi mohon kesabaran masyarakat untuk menerima kondisi tersebut. Malam ini kami evaluasi lagi apa yang harus diperbaiki untuk besok," katanya ketika ditemui Republika, Jakarta, Jumat (20/10).

Ia juga mengatakan akan melayani warga dengan maksimal, agar keesokan harinya semua pemohon yang sudah menyerahkan berkas dapat menerima KTP-el.

Hari ketiga dibukanya pelayanan KTP-el di TMII, Gede mengatakan ada sekitar 2.500 warga yang datang. Namun ia mengaku, jumlah tersebut diluar kapasitas panitia. "Kapasitas terpasangnya 50 sampai 100 orang dalam anjungan ini. Kita tambah menjadi sepuluh kali lipat, dan itu baru seribu," terangnya.