Senin 27 Nov 2017 22:48 WIB

Konten Ini Yang Banyak Dicari Pengguna Wifi Gratis Bekasi

Red: Didi Purwadi
Komputer lengkap dengan sambungan internet gratis
Foto: Republika/Maman Sudiaman
Komputer lengkap dengan sambungan internet gratis

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bekasi, Jawa Barat, mengungkapkan masyarakat pengguna wifi gratis yang disediakan pemerintah setempat, mayoritas memanfaatkannya untuk kebutuhan penelusuran informasi penting. "Tercatat 52 persen sari 163 responden membutuhkan wifi gratis untuk menelusuri informasi penting dan terkini via layanan Google," kata Kepala Diskominfo Kota Bekasi, Titi Masrifahati di Bekasi, Senin.

Survei memberikan sejumlah kriteria konten yang dibutuhkan masyarakat via jaringan wiFi gratis dari Pemkot. Kriteria yang menjadi item survei di antaranya pemanfaatan browsing informasi terkini, email, chatting, download data, program, musik dan video via Youtube dan game online. Dari sejumlah item tersebut, konten yang paling dibutuhkan oleh pengguna adalah penelusuran informasi terkini.

Kegiatan survei menjadi bagian dari program 1.000 titik wifi gratis yang dibuat sejak 2016 di sejumlah pusat keramaian warga setempat. Dalam perkembangannya, Pemkot Bekasi sampai saat ini masih menyisakan 300 titik wifi gratis hingga November 2017.

Dalam lembar survei yang diberikan kepada masyarakat, juga terungkap harapan agar wifi gratis yang disediakan memiliki kecepatan koneksi yang baik serta dilakukan perluasan jaringan hingga ke tingkat RW. Sejauh ini Pemkot Bekasi belum dapat mengawasi langsung pemanfaatan konten yang diakses masyarakat, sebab sistem jaringan masih memanfaatkan perangkat wifi.

"Kita masih belum menjangkau pengawasan sampai ke tingkat konten, kecuali kalau sistem yang digunakan sudah berbasis fiber optik," katanya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَيْنَمَا تَكُوْنُوْا يُدْرِكْكُّمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنْتُمْ فِيْ بُرُوْجٍ مُّشَيَّدَةٍ ۗ وَاِنْ تُصِبْهُمْ حَسَنَةٌ يَّقُوْلُوْا هٰذِهٖ مِنْ عِنْدِ اللّٰهِ ۚ وَاِنْ تُصِبْهُمْ سَيِّئَةٌ يَّقُوْلُوْا هٰذِهٖ مِنْ عِنْدِكَ ۗ قُلْ كُلٌّ مِّنْ عِنْدِ اللّٰهِ ۗ فَمَالِ هٰٓؤُلَاۤءِ الْقَوْمِ لَا يَكَادُوْنَ يَفْقَهُوْنَ حَدِيْثًا
Di manapun kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu berada di dalam benteng yang tinggi dan kukuh. Jika mereka memperoleh kebaikan, mereka mengatakan, “Ini dari sisi Allah,” dan jika mereka ditimpa suatu keburukan, mereka mengatakan, “Ini dari engkau (Muham-mad).” Katakanlah, “Semuanya (datang) dari sisi Allah.” Maka mengapa orang-orang itu (orang-orang munafik) hampir-hampir tidak memahami pembicaraan (sedikit pun)?”

(QS. An-Nisa' ayat 78)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement