Rabu 12 Jun 2019 13:22 WIB

Hujan Hambat Bantuan ke Desa Terisolasi Konawe Utara

BNPB belum menyerah mencoba menembus desa terisolasi di Konawe Utara.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Indira Rezkisari
Foto udara kondisi banjir bandang yang merendam rumah warga di Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/6/2019).
Foto: Antara/Oheo Sakti
Foto udara kondisi banjir bandang yang merendam rumah warga di Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/6/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat tiga desa di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara masih terisolasi akibat banjir yang menerjang wilayah itu. Hingga kini evakuasi dan penyaluran bantuan logistik masih terhambat karena curah hujan yang tinggi.

Kasubdit Pengembalian Hak Pengungsi Kedeputian Penanganan Darurat BNPB Budhi Erwanto mengatakan, berdasarkan

Baca Juga

data terbaru Selasa (11/6) malam pukul 21.00 WITA, ternyata masih ada tiga desa yang belum bisa dijangkau pihaknya karena akses yang putus dan derasnya aliran air. "Tiga desa itu yakni Desa Padalere Utama, Desa Padalere, dan Desa Lamonae Utama. Semuanya di Kecamatan Wiwirano," ujarnya saat dihubungi, Rabu (12/6).

Ia menambahkan, hujan dengan intensitas cukup tinggi masih turun membuat arus aliran air masih deras, penggunaan sampan mesin tidak dapat menjangkau wilayah terisolir. Ini membuat upaya penyaluran bantuan logistik terkendala cuaca buruk derasnya hujan yang turun.