Jumat 04 Sep 2020 20:11 WIB

Jerman Catat 1.430 Kasus Covid-19 dalam 24 Jam

Angka tersebut lebih tinggi dari perkiraan awal.

Red: Teguh Firmansyah
Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)
Foto: EPA/CDC
Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Jerman mencatat sekitar 1.430 infeksi virus Corona dalam 24 jam terakhir. Menurut lembaga kesehatan publik terkemuka pada Jumat, jumlah tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan angka perkiraan awal.

Hitungan sebelumnya yang dinyatakan Institut Robert Koch (RKI) berjumlah 782 kasus. Pihaknya mengaku masalah teknis menyebabkan kesalahan dalam penghitungan.

Baca Juga

Angka yang lebih tinggi tersebut sejalan dengan tren peningkatan jumlah infeksi baru selama empat pekan terakhir, yang menimbulkan kekhawatiran akan gelombang kedua Covid-19. Banyak di kalangan pendatang luar negeri yang didiagnosis mengidap penyakit tersebut.

Jumlah kasus baru menjadi salah satu faktor utama yang dipertimbangkan oleh pejabat negara bagian dan federal ketika memutuskan apakah mereka akan melonggarkan atau memperketat pembatasan sosial.

Di banding negara Eropa lain, pengendalian kasus harian di Jerman, tetap terjaga lebih baik. Hal itu tak terlepas dari  langkah pengujian awal dan kewajiban menjaga jarak fisik, memuncak pada awal April dengan jumlah sedikit di atas 6.000 kasus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement