Kamis 10 Sep 2020 15:52 WIB

Aturan Pakai Masker Diperketat di Festival Film Toronto

Penonton wajib pakai masker saat di bioskop dalam Festival Film Toronto.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Penonton wajib pakai masker saat di bioskop dalam Festival Film Toronto (Foto: Festival Film international Toronto (TIFF) pada 2015)
Foto: Wikimedia
Penonton wajib pakai masker saat di bioskop dalam Festival Film Toronto (Foto: Festival Film international Toronto (TIFF) pada 2015)

REPUBLIKA.CO.ID, TORONTO -- Festival Film Internasional Toronto (TIFF) mewajibkan para pengunjung untuk memakai masker atau face shield selama acara, bahkan saat menikmati film di kursi bioskop. Festival yang sebagian dihelat secara fisik itu digelar di markasnya, TIFF Bell Lightbox mulai 10 hingga 19 September mendatang.

Kebijakan mengenakan masker dan protokol kesehatan lainnya dilakukan untuk mematuhi pedoman pemerintah terkait Covid-19. TIFF juga memperketat beberapa aturan dari sebelumnya.

Baca Juga

“Sekarang kami telah memutuskan untuk menutup stan konsesi Lightbox untuk meminimalisasi titik kontak antara pelanggan pelanggan dan staf selama festival digelar,” demikian pernyataan TIFF seperti dilansir dari North Shore News pada Kamis (10/9).

TIFF juga mengonfirmasi bahwa para pengunjung tidak diizinkan makan atau minum di lokasi festival. Masker juga face shield wajib dipakai setiap saat oleh staf dan panitia penyelenggara.

Festival ini sebagian besar akan dilakukan secara online, namun ada beberapa yang diputar di markas dengan menerapkan jarak fisik dan jumlah penonton dibatasi. Selama festival, penyelenggara memutar film di bioskop drive-in dan bioskop terbuka.

Sejak Maret, penyelenggara telah bekerja sama dengan pejabat pemerintah dan kesehatan masyarakat untuk menyiapkan protokol kesehatan dan keselamatan COVID-19. TIFF juga mendapatkan arahan tentang kesehatan, keselamatan dan protokol pembersihan dari penasihat perusahaan Medcan.

"Prioritas nomor satu TIFF adalah kesehatan dan kesejahteraan penonton festival, penghuni seluruh komunitas dan staf kami. Semua keputusan yang diambil telah sesuai dengan peraturan pertemuan publik yang ditetapkan oleh otoritas kesehatan publik provinsi dan kota sejak awal perencanaan festival," kata penyelenggara TIFF.

Lightbox telah ditutup sejak Maret karena pandemi, tetapi kini dibuka untuk festival dengan menerpakan protokol kesehatan Covid-19. TIFF juga secara aktif memberikan arahan kepada pengunjung ihwal petunjuk kesehatan dan keselamatan bagi tamu festival untuk acara off air.

Menurut penyelenggara, petugas di Lightbox juga akan memantau semua tempat agar tetap mematuhi protokol. Utamanya di beberapa titik yang diperkirakan padat dan akan menimbulkan antrean.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قُلْ يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنِّيْ رَسُوْلُ اللّٰهِ اِلَيْكُمْ جَمِيْعًا ۨالَّذِيْ لَهٗ مُلْكُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ يُحْيٖ وَيُمِيْتُۖ فَاٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهِ النَّبِيِّ الْاُمِّيِّ الَّذِيْ يُؤْمِنُ بِاللّٰهِ وَكَلِمٰتِهٖ وَاتَّبِعُوْهُ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai manusia! Sesungguhnya aku ini utusan Allah bagi kamu semua, Yang memiliki kerajaan langit dan bumi; tidak ada tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang menghidupkan dan mematikan, maka berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya, (yaitu) Nabi yang ummi yang beriman kepada Allah dan kepada kalimat-kalimat-Nya (kitab-kitab-Nya). Ikutilah dia, agar kamu mendapat petunjuk.”

(QS. Al-A'raf ayat 158)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement